Pengaruh Pelayanan Administrasi Kependudukan oleh Perangkat Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Matenggeng Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap
Arsim Arsim
Sari
Organisasi pemerintah maupun swasta memiliki tujuan untuk menciptakan kepuasan kepada pelanggan atau kepada masyarakat pengguna layanan. Dengan demikian, kepuasan pelanggan atau kepuasan masyarakatmerupakan tolok ukur dari berhasil atau tidaknya sebuah organisasi mencapai tujuannya. Tingginya kepuasan masyarakat merupakan ciri dari berhasilnyasebuah organisasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.Salah satu faktor yang paling penting untuk menciptakan kepuasan masyarakat adalah pelayanan administrasi kependudukan yang optimal dari perangkat desa. “Pelayanan administratif yang optimal dari perangkat akan menimbulkan rasa senang atau timbulnya kepuasan bisa diartikan sebagai upaya pemenuhan sesuatu atau membuat sesuatu memadai.” (Tjiptono dan Chandra, 2005: 195). Sedangkan Kotler (Tjiptono, 2005: 61) mendefinisikan kepuasan sebagai‘Perasaan senang atau kecewa seseorang yang dialami setelah membandingkan antara persepsi kinerja atau hasil suatu produk dengan harapan-harapannya.’Dari definisi-definisi tersebut di atas dapat disimpulkan, yaitu adanya perbandingan antara harapan dan kinerja/hasil yang dirasakan pelanggan.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 orang untuk variabel Pelayanan (X) yang berasal dari unsur perangkat desa, 350 orang yang mengurus administrasi kependudukan berasal dari masyarakat sebagai populasi untuk Variabel Kepuasan Masyarakat (Y). Dan sampel yang diambil untuk Variabel X adalah berjumlah 5 orang , yaitu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara sensus. Sedangkan untuk Variabel Y dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 20 % dari jumlah populasi. Jadi sampel yang diambil adalah : 20% x 350 orang = 70 orang.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelayanan administrasi kependudukan oleh perangkat desa berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat. Artinya, semakin baik pelayanan administrasi kependudukan oleh perangkat desa maka semakin baik pula kepuasan masyarakat Desa Matenggeng. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang mana koefisien korelasi pelayanan administrasi kependudukan oleh perangkat desa terhadap kepuasan masyarakat adalah sebesar 0,58 yang menunjukkan pada kategori sedang.
Teks Lengkap:
PDF (English)
Referensi
Andayani, B., & Koentjoro.2007. Psikologi Keluarga: Peran ayah menuju co- parenting. Yogyakarta: CV. Citra Media.
Arikunto,Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi. Aksara.
Fandy, Tjiptono danGregoriusChandra. 2005. Service, Quality. Satisfaction. Yogyakarta : Andi Offset.
Prasetyorini, Retno. 2003. Pelayanan Prima Bahan Ajar SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen. Guruvalah Inc.
Poerwadarminta. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka.
Tjiptono. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i2.468
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
DINAMIKA
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Galuh
email: dinamika@unigal.ac.id
ISSN: 2356-2269
eISSN: 2614-2945
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0
Created by Admin