Penerapan Tata Ruang Kantor di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangandaran

Dina Nuraeni

Sari


Demi menciptakan sebuah pelayanan yang optimal kepada masyarakat, salah satu faktor yang menentukan keberhasilannya adalah penyusunan tempat kerja dan alat-alat perlengkapan kantor dengan sebaik-baiknya. Jika dilihat dari sisi pegawai, ketepatan pemilihan tata ruang kantor ini dapat menentukan produktivitas, kekreatifan dan kenyamanan karyawan secara tidak langsung. Begitu pula jika dihubungkan dengan tingkat efisiensi dan efektivitas kegiatan. Tata ruang dan lingkungan fisik kantor dapat menentukan bagaimana kualitas serta kuantitas hasil pekerjaan yang dilakukan. Semrawutnya tata ruang kantor merupakan fenomena yang banyak terjadi di lembaga pemerintah maupun swasta. Salah satunya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kabupaten Pangandaran.         Yang menjadi populasi di dalam penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangandaran yang berjumlah 10 orang. Karena jumlah populasi di bawah 100 orang, maka peneliti menggunakan teknik total sampling. Artinya seluruh populasi Pegawai Negeri Sipil Disdukcapil Kabupaten Pangandaran yang berjumlah 10 orang dijadikan sebagai sampel penelitian.Dari hasil penelitian bahwa tata ruang di kantor Disdukcapil Kabupaten Pangandaran menggunakan sistem tata ruang berkamar, di mana ruangan untuk bekerja dipisah atau dibagi dalam kamar-kamar kerja. Sebagian disekat oleh dinding kaca dan sebagian disekat dengan menggunakan lemari. Ukuran tiap ruangan yang digunakan adalah 3 x 3 meter. Jumlah ruangan ada 4 kamar, yang digunakan untuk ruangan kepala kantor, ruang sekretaris, ruang bagian pelayanan administrasi umum seperti KK, KTP dan Akte kelahiran, ruang Pelayanan Kartu Kuning. Sementara itu, untuk ruang tunggu, ditempatkan terpisah di bagian depan bangunan atau tepatnya di lobi, di depan pelayanan administrasi, ukuran ruang tunggu seluas 4 x 6 meter.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


A.Chaedar Alwasilah. 2003.Pokoknya Kualitatif. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Gie, The Liang. 2009. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Haryadi, hendi. 2009. Administrasi Perkantoran untuk Manajemen & Staf. Jakarta Selatan : Transmedia Pustaka.

Laksmi, dkk. 2008.Manajemen Perkantoran Modern. Jakarta: Penaku.

Sedarmayanti. 2009. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Jakarta : CV Mandar Maju.

Sedarmayanti. 2001.Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Winarno Surakhmad. 1990.Pengantar penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i2.474

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin