Pelayanan Kesehatan Oleh Poskesdes di Desa Sindanghayu Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis

pupu maspupah

Sari


Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih ada pegawai yang tidak disiplin terhadap ketetapan jadwal praktek di Poskesdes, kurang memadainya sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan tugs pelayanan kepada masyarakat, masih ada pegawai yang kurang ramah dalam bertugas di Poskesdes. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran secara objektif sejauhmana pelaksanaan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Poskesdes, dan untuk mengetahui hambatan selama dalam proses pelaksanaan pelayanannya, serta untuk mengetahui cara mengatasai persoalannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel lain. Jenis penelitian yang digunakan metode survey yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distributif, dan hubungan antar variabel, sosiologis maupun psikologis responden. Responden sebagai sumber data dari Puskesmas Banjarsari 1 orang yaitu kepala Puskesmas, kemudian sumber data dari Poskesdes 2 orang yaitu ptugas Poskesdes, dan 17 orang responden dari masyarakat Desa Sindanghayu selaku pemohon. Teknik pengumpulan data melalui studi perpustakaan, studi lapangan, observasi dan wawancara. dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tentang Pelayanan Kesehatan Oleh Poskesdes di Desa Sindanghayu Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis dari 31 indikator yang diteliti, 8 indikator (25%) sudah di laksanakan dengan cukup baik, 4 (10%) sudah dilaksanakan dengan baik, 1 (5%) masih belum efektif dilaksanakan, 4 (10%) tidak memadai dan tidak mengetahui  14 (50%) belum dilaksanakan dengan baik. Hambatan  dalam  Pelayanan Kesehatan Oleh Poskesdes di Desa Sindanghayu Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis antara lain : masih ada pegawai yang kurang ramah dalam bertugas, masih belum terlaksananya sistem administrasi yang sesuai prosedur, masih belum memperbaiki kekurangan yang dikeluhkan pasien. Upaya yang dilakukan oleh petugas Poskesdes yaitu meningkatkan kedisiplinan, melengkapi sarana dan prasarana, pegawai berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menerapkan sistem administrasi yang sesuai prosedur, merespon keluhan pasien dan meningkatkan pelayanan.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Bungin, Burhan. 2015. Metodelogi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: PT Fajar Intrpratama Mandiri.

Mukarom, Zaenal dan Laksana, Muhibudin Wijaya. 2015.

Manajemen Pelayanan Publik. Bandung:CV Pustaka Setia.

Pasolong, Harbani. 2010. Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. 2014. Restrukturisasi Dan Pemberdayaan Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

B. Dokumen

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Kepmenpan No. 63/KEP/M.PAN/7/2003

C. Sumber Pustaka

Siska Septiani Hidayat. 2014. Pelayanan Listrik Prabayar (token) Oleh PT. PLN (Persero) Ciamis Di Wilayah Kelurahan Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Skripsi FISIP Universitas Galuh Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i2.503

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin