Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Dalam Mencapai Tujuan Organisasi di Kabupaten Ciamis

yanti wulansari

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja pegawai Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis yang masih rendah. Hal ini dikarenakan belum optimalnya pemahaman tupoksi pegawai, rendahnya integritas dan komitmen pegawai serta kurangnya tanggung jawab pegawai, maka permasalahana dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana kinerja pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dalam mencapai tujuan organisasi? 2) Bagaimana hambatan-hambatan dalam kinerja pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dalam mencapai tujuan organisasi? 3) Bagaimana upaya-upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan kinerja pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dalam mencapai tujuan organisasi? Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif analitis. Tempat penelitian dilakukan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis. Lamanya penelitian yang penulis lakukan direncanakan kurang lebih 10 bulan, terhitung mulai dari bulan Nopember 2015 sampai dengan bulan Juni 2016, mulai dari tahap penjajagan, pelaksanaan penelitian sampai pada sidang skripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (Observasi dan Wawancara).Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa:  1) Kinerja pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dalam mencapai tujuan organisasi di Kabupaten Ciamis sudah optimal. 2) Hambatan dalam kinerja pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dalam mencapai tujuan organisasi di Kabupaten Ciamis diindikasikan karena masih perlunya peningkatan kualitas SDM, dukungan dari atasan, dukungan sarana dan prasarana yang memadai serta tingkat komunikasi, kerjasama dan koordinasi yang belum maksimal. 3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan kinerja pegawai, yakni dengan meningkatkan SDM, mengalokasikan dana untuk membangun sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kinerja pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis dalam upaya mencapai tujuan organisasi dapat dilaksanakan dengan optimal.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anwar, Syaiful, dan Supardi. 2002. Dasar-dasar Prilaku Organisasi. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta

Fadel, Muhammad. 2009. Reinventing Government (Pengalaman Dari Daerah). Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Lembaga Administrasi Negara. 2000. Implementasi Good Governance. Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.

Siagian, Sondang P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sofyandi, Herman dan Iwa Garniwa. 2007. Perilaku Organisasional. Yogjakarta : Graha Ilmu.

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori,. Dimensi Pengukuran dan Implementasi Dalam Organisasi). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alpabeta.

Undang - Undang Nomor 43 Tahun 1999 Tentang Perubahan Atas Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian.

Undang - Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

Pedoman penulisan skripsi FISIP Universitas Galuh Tahun 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i2.505

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin