IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM LAYANAN DAN RUJUKAN TERPADU UNTUK PENANGANAN FAKIR MISKIN DAN ORANG TIDAK MAMPU DI KOTA SERANG

Firda Awaliah, Maulana Yusuf, Juliannes Cadith

Sari


Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) telah diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 15 Tahun 2018 tentang Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu. Kota Serang merupakan ibu kota Provinsi Banten dengan tingkat kemiskinan tertinggi keempat di Provinsi Banten. Berbagai program penanggulangan kemiskinan diterapkan, salah satunya penerapapan SLRT di Kota Serang sejak tahun 2017. Namun sosialisasi SLRT di Kota Serang belum dilakukan secara optimal, masih banyak pengaduan masyarakat melalui SLRT belum terselesaikan dan tidak adanya kejelasan waktu penyelesaian pengaduan yang dilakukan masyarakat melalui SLRT. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Implementasi SLRT di Kota Serang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan menurut George Edward III. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa implementasi SLRT di Kota Serang belum optimal dan masih diperlukannya sosialisasi SLRT yang lebih menyeluruh dengan memanfaatkan berbagai media cetak, pelaksana SLRT harus memperhatikan asas penyelenggaraan SLRT dalam menyelesaikan pengaduan masyarakat dan memberdayakan masyarakat untuk lebih memahami hak-haknya terkait dengan layanan dan program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.Kata Kunci : Implementasi, Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT), Perlindungan Sosial 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

Abidin, Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik. Jakarta : Salemba Humanika.

Agustino, Leo. 2014. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung : ALFABETA, cv.

Nugroho, Riant. 2017. Public Policy. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Shahab Widodo, Joko. 2016. Analisis Kebijakan Publik. Malang : MNC.

Subarsono, AG. 2012. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Publik (Teori, Proses, dan Studi Kasus). Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Undang-Undang :

UU No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

Peraturan Menteri :

Permensos Nomor 15 Tahun 2018 tentang Sistem Layanan dan RujukanTerpadu (SLRT) untuk Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu.

Jurnal Ilmiah :

Chentari, Vrisco. Kualitas Pelayanan Tim Pelaksana Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Nagari Sago Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik 2(4), 44-52.

Priesteta, Astrid Cynthia, dkk. 2019. Mengintegrasikan Pelayanan Sosial Melalui Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS) di Kelurahan Dago Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial 18(1).

Sasmito, Cahyo, dkk. 2019. Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Upaya Mengentaskan Kemiskinan di Kota Batu. Journal of Public Sector Innovation 3(2), 68-74.

Sukoco, Dwi Heru. 2020. Efektivitas Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu “SABILULUNGAN” Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial 19(1).

Dokumen :

Kota Serang Dalam Angka 2021.

Pedoman Umum Pelaksanaan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) Untuk Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v8i3.6460

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin