PENERAPAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) OLEH KEPALA DESA DI KANTOR DESA SAGULING KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS

Lisna Wulandari

Sari


Penelitian ini berjudul “Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Oleh Kepala Desadi Kantor Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis”. Penelitian ini dilakukan diKantor Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Adapun yang menjadi rumusanmasalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan standar pelayanan minimal olehKepala Desa di Kantor Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis?, 2) Bagaimanahambatan yang timbul dalam penerapan standar pelayanan minimal oleh Kepala Desa di KantorDesa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis?, 3) Bagaimana upaya – upaya yangdilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penerapan standar pelayanan minimal oleh KepalaDesa di Kantor Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis?Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datayang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan, studi lapangan yang terdiridari observasi dan wawancara serta studi dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalampenelitian ini adalah Kepala Desa dan Perangkat Desa serta masyarakat penerima pelayanan diDesa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis sebanyak 13 orang.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Penerapan Standar Pelayanan Minimaloleh Kepala Desa di Kantor Desa Saguling belum berjalan secara maksimal dikarenakan terdapatbeberapa hambatan dalam penerapannya dan masih memerlukan beberapa perbaikan dalambeberapa hal. 2) adanya hambatan yang terdiri dari: masih sulitnya ketersediaan blangkokependudukan yang diperlukan dalam proses pelayanan, terdapat masyarakat yang belum mengertiprosedur pelayanan, masih adanya sebagian Perangkat Desa yang belum disiplin dalammemberikan pelayanan, petugas tidak ada di kantor saat masyarakat melakukan pelayanan, dankomputer yang terkadang eror. 3) adanya upaya yang dilakukan yaitu Perangkat Desa menuliskanprosedur pelayanan di papan informasi, berkerjasama dengan RT, RW dan Dusun setempat untukmemberi penjelasan kepada masyarakat terkait pengisian formulir pelayanan, melakukan penataanruangan, memberikan saran kepada Kepala Desa untuk melengkapi komputer supaya semuaPerangkat Desa dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat, memperbaiki komputer danmelengkapi kekurangan printer tersebut. Terkait dengan disiplin Perangkat Desa, Kepala Desatelah berusaha untuk memberikan pembinaan dan arahan secara berkala terhadap disiplinPerangkat Desa tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdurahman, Maman. 2011. Dasardasar

metode Statistika. Bandung: CV Pustaka

Setia.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan

Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya

Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Pasolong, Harbani. 2013. Metode

Penelitian Administrasi Publik. Bandung:

Alfabeta.

Ratminto. 2016. Manajemen Pelayanan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sedarmayanti. 2010. Reformasi

Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan

Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan

Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang

Baik). Bandung: PT Refika Aditama.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian

Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung:

Alfabeta.

Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja

Pelayanan Publik. Bandung: PT Refika Aditama.

Dokumen

Keputusan Bupati Ciamis No 65 Tahun

tentang Standar Pelayanan Minimal Urusan

Pemerintahan Dalam Negeri di Kabupaten

Ciamis.

Peraturan Bupati Ciamis No 6 Tahun

tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Peraturan Bupati Ciamis No 80 Tahun

tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja

Pemerintah Desa.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No 62

Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal

Bidang Pemerintahan Dalam Negeri

Kabupaten/Kota.

Undang-Undang No 25 Tahun 2009

Tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang No 6 Tahun 2014

Tentang Desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i3.653

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin