EVALUASI PROGRAM DIGITALISASI MARKETING DI DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MIKRO PADA TAHUN 2020-2021

Asla Nur Fauziyah, Engkus Engkus, Sakrim Miharja

Sari


Dihadapkan pada permasalahan pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan daya beli masyarakat yang berdampak pada pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah. Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung melakukan langkah dengan mengoptimalkan program digitalisasi marketing sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi di sektor UMKM. Namun, pelaksanaan program ini masih memiliki banyak kendala. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan evaluasi program digitalisasi pemasaran yang telah berjalan di Dinas Koperasi dan UMKM serta kendala apa saja yang menghambat proses pelaksanaannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program digitalisasi pemasaran telah berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif yang terlihat dari peningkatan nilai PDRB di Kabupaten Bandung. Namun, program ini juga ditemukan beberapa permasalahan yang perlu dievaluasi antara lain kurangnya pemerataan dalam pelaksanaan program, kurangnya sarana dan prasarana pendukung.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2015). Pokok-pokok Penyelenggaraan Pembangunan Nasional. Aspirasi, 6(1), 1–7.

Creswell, J. W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Dewi, M. C. (2020). Pemanfaatan Teknologi bagi Umkm Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Mozaik, 12(2), 11–19. e-issn: 2614-8390

Engkus. (2015). Analisis Sosial dan Ekonomi Pembangunan Toserba Borma Bojongsoang. lib. uinsgd. ac. id, 1–95.

Engkus. (2018). Perspektif Administrasi Pembangunan: Menuju Ke Arah Konvergentif. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(2), 190–201.

Engkus, Suparman, N., Sakti, F. T., & Anwar, H. S. (2019). Covid-19: Kebijakan Mitigasi Penyebaran Dan Dampak Di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 443/Kep.12-Hukham/2021 Tentang Pedoman Protokol Kesehatan Untuk Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Sektor Pariwisata, Kebudayaan, dan Ekonomi Kreatif, 1 (2021).

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Husein, U. (2005). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Gramedia Pustaka Utama.

Lindiawati, I., Harahap, H., & Mardiana, S. (2021). Analisa Strategi E-Marketing Dinas Koperasi Ukm Kota Medan Terhadap Ukm Binaan Di Tengah Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 3(1), 14–29.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008, (2008).

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Komputindo, Marketing. PT Elex Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, I. (2017). Solusi Pengembangan Umkm Melalui Ontologi. Performance, 23(1), 17. https://doi.org/10.20884/1.performance.2016.23.1.290

Widoyoko, E. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Wirawan. (2012). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, Dan Profesi. Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i2.7506

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin