KUALITAS KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA BADAN KEUANGAN DAERAH KOTA DEPOK

Rio Budi Nugroho, Engkus Engkus, Herabudin Herabudin

Sari


Melalui berita Pemerintah Kota Depok, terdapat sebuah fenomena menarik yaitu Laporan Pemerintah Kota Depok mendapat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) selama 10 tahun berturut-turut pada tahun 2011-2020. Mohammad Idris selaku Walikota Depok mengatakan bahwa hasil tersebut diperoleh karena adanya kinerja pegawai yang baik dari Badan Keuangan Daerah (BKD). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dimensi dari kinerja pegawai yang membuat sumber daya manusia di BKD Kota Depok berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, studi literatur, dan wawancara mendalam. Penentuan sampling/informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis data yang dipakai adalah data primer dan sekunder. Peneliti menggunakan teori dari Berdaddin dan Russel yang terdiri atas 4 dimensi yaitu; kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, dan pengaruh interpersonal. Hasil penelitian yang didapatakan menunjukan bahwa kualitas sumber daya manusia yang ada di BKD Kota Depok memiliki kualitas yang baik karena sudah memenuhi empat dimensi yang ada pada teori kinerja pegawai.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, H. (2017). Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi. Jurnal Warta Edisi, 51, 1829–7463.

Engkus, E., Ishak, D., & Yusuf Maolani, D. (2017). Konsep Kinerja Dalam Studi Organisasi Publik. Jispo (Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik), 7, 101–120.

Engkus Engkus, & Nadiya Ulfah. (2019). Analisis Kinerja Pegawai Bagian Pelayanan Di Pt. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Subang. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 1, 39–61.

Herdiyanti, N. (2020). Kualitas Sumber Daya Manusia Bidang Keuangan Di Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Krisdianto, B., & Nurhajati. (2017). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pariwisata Kota Batu. Jimmu, 2(2), 2541–6030.

Leuhery, F. (2018). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Disiplin Kerja, Dan Pengembangan Karir Tehadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Maluku (Vol. 6, Issue 1).

Meilina, R. (2016). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Kepuasan Kerja, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behaviour (Ocb) Karyawan Bri Kediri. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 61–72.

Saldana, Miles, & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis. Sage Publications.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Pt. Refika Aditama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suwanda, D., & Santosa, H. (2015). Kebijakan Akuntansi Berbasis Akrual Berpedoman Pada Sap. Pt Remaja Rosdakarya.

Widy, O. :, Nur, S., & Sampurna, R. H. (2020). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Organisasi Di Sekretariat Dprd Kabupaten Cianjur (Vol. 7, Issue 2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i2.7654

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin