PENYUSUTAN ASET TETAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE GARIS LURUS PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN BANDUNG

Mutia Hanifah Nurul Aida, Abdal Abdal, Jaliludin Muslim

Sari


Penyusutan aset tetap merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan, karena untuk memberikan nilai wajar aset tetap sesuai dengan umur ekonomisnya dalam Laporan Keuangan Pemerintah. Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung telah melakukan penyusutan aset tetap. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan sejauh mana penerapan dan perhitungan aset tetap pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung telah terealisasi secara efektif dan tepat guna, serta apa saja kendalanya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif verifikatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusutan aset tetap pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung berpedoman pada Peraturan Bupati Nomor 60 Tahun 2015 dan memenuhi empat syarat dalam menerapkan penyusutan, yaitu nilai perolehan, nilai sisa, umur ekonomis, dan pola penggunaan. Namun masih terdapat permasalahan yang perlu diperbaiki yaitu penggunaan metode garis lurus yang dirasa kurang efektif sehingga metode saldo menurun ganda lebih baik digunakan pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung, karena dari hasil perhitungan aset tersebut biasanya efektif dan maksimal digunakan pada tahun-tahun awal, maka jika pada tahun-tahun berikutnya keadaan aset tetap menurun, dapat diambil tindakan yang tepat untuk memperbaikinya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aring, Aprico, Tinangon, J, J., Elim, & Inggriani. (2020). Penerapan Akuntansi Pengakuan Aset Tetap Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa. Jurnal Riset Akuntansi, 15(2), 69–76.

BPKP. (2022). Penyusutan Aset Tetap Pemerintah dan Permasalahannya. Jakarta: bpkp.go.id.

Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Engkus, & Syamsir, A. (2021). Public Organizational Performance: Policy Implefmentation In Enviromental Management in Bandung City (Kinerja Organisasi Publik: Implementasi Kebijakan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kota Bandung). Jurnal Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, Vol 34(No 4), 380–394.

Ermanuri, & Susanti, E. P. (2019). Penerapan Metode Penyusutan Aktiva Tetap Pada Rumah Sakit Melati Tangerang. Jurnal Lentera Akuntansi, 4(1), 62–70.

Halim, A. (2007). Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Herjuna, W. (2021). Mengenal Penyusutan Aset Tetap. Retrieved from DJKN Kemenkeu website: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-surakarta/baca-artikel/14589/Mengenal-Penyusutan-Aset-Tetap.html#:~:text=Penyusutan aset dapat diartikan sebagai,masa manfaat aset yang bersangkutan.

Hery. (2014). Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Presiden RI. (2014). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Retrieved from JDIH BPK RI website: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38685/uu-no-23-tahun-2014

Presiden RI. (2020). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2020 Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah. Retrieved from JDIH BPK RI website: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138973/pp-no-28-tahun-2020

Saputri, M. (2014). Analisis Penyusutan Aktiva Tetap pada Kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Gorontalo. Gorontalo.

Sari, D. I. (2018). Analisis Depresiasi Aktiva Tetap Metode Garis Lurus dan Jumlah Angka Tahun PT Adira Dinamika. Jurnal Moneter, V(1), 86–92.

Satriani, D., Saifudin, A., & Sunarya, P. A. (2020). Perbandingan Penggunaan Straight Line Method Dan Double Declining Balance Method Pada Aset PT. Delimas Lestari Jaya. Public Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 6(1), 30–40.

Sugiri, S. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar 2 (Edisi Kelima). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i2.7697

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin