ANALISIS BUDAYA LITERASI DIGITAL PEMERINTAH DESA SADANANYA KECAMATAN SADANANYA KABUPATEN CIAMIS

Ii Sujai, Aditiyawarman Aditiyawarman, Irfan Nursetiawan, Dini Yuliani

Sari


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan paradigma baru, bahwa aksesibilitas tanpa batas menjadi sebuah kebaruan dalam interaksi sosial kemasyarakatan berbasis digital. Hal tersebut bukan hanya menimbulkan sesuatu yang bersifat positif, tetapi adapula yang bersifat negatif. Dalam dunia pemerintahan mengalami pergeseran pula, dari yang bersifat serba offline telah berangsur ke arah yang bersifat online. E-Government menjadi salah satu konsepsi yang paling diminati dan menjadi kebaruan dalam pemerintahan. Budaya literasi digital tentunya harus menjadi acuan dalam perkembangan etika bermedia digital baik bagi masyarakat maupun bagi pelayan publik. Hal inilah yang mendorong penelitian berkaitan dengan literasi digital di tingkat pemerintahan, khususnya Pemerintahan Desa. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini, yakni Pemerintah Desa Sadananya Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan, yakni penelitian kualitatif deskriptif. Dimensi yang dipakai sebagai alat ukur, yakni berkaitan dengan kompetensi literasi digital. Adapun hasil dari penelitian ini, yakni budaya literasi digital Pemerintah Desa Sadananya cukup signifikan. Kata Kunci: e-government; literasi digital; desa; teknologi informasi; budaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, H. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190-203.

Astuti S.I.dkk, (2021). Modul Budaya Bermedia Digital. Jakarta: Kemenkominfo.

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ditjen Aptika. (2022). Indeks Literasi Digital Indonesia 3.49, Ini yang Bisa Dilakukan Pemerintah. Tersedia (Online): https://aptika.kominfo.go.id/2022/03/indeks-literasi-digital-indonesia-3-49-ini-yang-bisa-dilakukan-pemerintah. Diunduh: 30 Juni 2022.

Hawadi. 2002. Identifikasi Keberbakatan Intelektual Melalui Metode Non Tes. Jakarta: PT Gramedia.

Hidayat, R., & Nursetiawan, I. (2022). Strategi Pengelolaan Aset Desa Berbasis Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa “SIPADES” di Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. MODERAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(2), 317-328.

Kusherdyana, R. (2021) Pengertian Budaya, Lintas Budaya, dan Teori yang Melandasi Lintas Budaya.

Kusniyati, H., & Sitanggang, N. S. P. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal teknik informatika, 9(1).

Peraturan Bupati Ciamis Nomor 42 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Rianto Puji ,et al. (2017). Sistem Informasi Desa dan Akses Informasi. Yogyakarta: Pemantau regulasi dan Regulator media (PR2 Media).

Sa'diyah, N. A. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Dosen Tetap Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Sugiarto. E. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i2.8413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin