EVALUASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROFESI DOSEN (STUDI KASUS JABATAN FUNGSIONAL AKADEMIK DOSEN PTS)

Tatang Sudrajat, Nurhaeni Sikki, Hamidah Nurbaiti, Finna Kharisma Putri

Sari


Permasalahan pendidikan tinggi diantaranya mensyaratkan hadirnya peran dosen sebagai aktor kebijakan secara maksimal. Dosen di perguruan tinggi sebagai pemangku jabatan fungsional punya peran strategis dalam mewujudkan tujuan pendidikan tinggi. Regulasi negara/pemerintah mengenai jabatan akademik menjadi faktor penting untuk mendukung tugas dan wewenangnya sebagai aktor kebijakan pendidikan tinggi. Beberapa regulasi negara/pemerintah itu berbentuk dua undang-undang (UU Guru dan Dosen dan UU Pendidikan Tinggi), dua Peraturan Menpan RB, satu peraturan bersama Menpan RB dan Kepala BKN, satu Permendikbud, serta Pedoman Operasional Jabatan Akademik. Untuk efektifnya implementasi kebijakan jabatan akademik perlu didukung oleh substansi kebijakan yang tepat. Evaluasi kebijakan khususnya terhadap substansi regulasi negara/pemerintah menjadi penting. Secara umum pengaturan jabatan akademik dalam kebijakan tersebut sudah memadai, tetapi terdapat beberapa hal yang perlu disempurnakan. Kata Kunci: Dosen, Jabatan Akademik, Evaluasi Kebijakan, Profesi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson, James E. (1978). Public Policy-Making (Second Edition). Holt, Rinehart and Winston.

Bromley, Daniel W. (1989). Economic Interest and Institution. The Conceptual Foundation of Public Policy. Basil Blackwell Inc.

Castetter, W. B. (1996). The Human Resource Function in Educational Administration (Sixth Edition). Prentice-Hall International, Inc.

Djuwita, T. M. (2011). Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi Kaitannya Dengan Profil Dosen Yang Produktif. PUBLICA, 1(1), Article 1. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/publica/article/view/388

Dunn, William N. (1981). Public Policy Analysis: An Introduction. Prentice-Hall International, Inc.

Gerston, Larry N. (2010). Public Policy Making. Process and Principles. Third Edition. E Sharpe.

Harris, D. M., & DeSimone, R. L. (1994). Human Resourse Development. The Dryden Press.

Howlett, M., & Ramesh, M. (1995). Studying Public Policy. Policy Cycles and Policy Subsystems. Oxford University Press.

Johnsons, S. L., & Rush, S. C. (1995). Reinventing The University. Managing and Financing Institutions of Higher Education. John Wiley & Sons, Inc.

Krippendorff, Klaus. (1993). Analisis Isi. Pengantar Teori dan Metodologi. PT RajaGrafindo Persada.

Labola, Y. A. (2019). Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Bakat dan Ketahanan Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1).

Marzuki, P. M. (2015). Penelitian Hukum (Edisi Revisi). Prenadamedia Group.

Michael, E. J. (2006). Public Policy: The Competitive Framework. Oxford University Press.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Rahmah, S. (2017). Pendidik dan pengembangan Profesi. IDARAH, Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1(1).

Rakhmat, Jalaluddin (1997). Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Sinambela, L. P. (2017). PROFESIONALISME DOSEN DAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGGI. POPULIS: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(4), 579–596. https://doi.org/10.47313/ppl.v2i4.347

Soekanto, Soerjono, & Mamudji, S. (2015). Penelitian Hukum Normatif. Suatu Tinjauan Singkat. PT RajaGrafindo Persada.

Sujarwo, S. (2015). Pengembangan Dosen Berkelanjutan. Makalah Perkuliahan Universitas Negeri Yogyakarta.

UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Permenpan dan RB Nomor 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya.

Permenpan dan RB Nomor 46 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya.

Peraturan Bersama Mendikbud dan Kepala BKN Nomor 4/VIII/PB/2014 dan Nomor 24 Tahun 2014 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013.

Permendikbud Nomor 92 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen.

Pedoman Juknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Dosen Tahun 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i2.8414

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin