PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN KUANTITAS SDM TERHADAP JUMLAH MAHASISWA BARU DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada uji pengaruh biaya promosi dan Kuantitas SDM Terhadap Jumlah
Mahasiswa Baru Di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang
diperoleh digunakan Korelasi Pearson Product Moment (PPM), Korelasi Ganda, Uji Koefisien
Determinasi, Regresi Sederhana, Regresi Ganda dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t
dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1). Biaya promosi memiliki
hubungan sangat kuat (r = 0,81), mempunyai arah yang positif dan memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap jumlah mahasiswa baru di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis karena dimana t hitung
lebih besar dari t tabel yaitu 2,41 2,353. ; 2). Kuantitas SDM dalam hal ini dosen, memiliki hubungan
kuat (r = 0,70) dan mempunyai arah yang positif namun tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah
mahasiswa baru di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis hal tersebut dikarenakan t hitung lebih
kecil dari t tabel yaitu 1,70 2,353. ; 3). Biaya promosi dan kuantitas SDM secara bersama-sama memiliki
hubungan sangat kuat dan mempunyai arah yang positif ,namun tidak terdapat pengaruh signifikan
terhadap jumlah mahasiswa baru di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis dan hal tersebut terjadi
karena F hitung lebih kecil dari F tabel yaitu 4,88 19,00.
Mahasiswa Baru Di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang
diperoleh digunakan Korelasi Pearson Product Moment (PPM), Korelasi Ganda, Uji Koefisien
Determinasi, Regresi Sederhana, Regresi Ganda dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t
dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1). Biaya promosi memiliki
hubungan sangat kuat (r = 0,81), mempunyai arah yang positif dan memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap jumlah mahasiswa baru di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis karena dimana t hitung
lebih besar dari t tabel yaitu 2,41 2,353. ; 2). Kuantitas SDM dalam hal ini dosen, memiliki hubungan
kuat (r = 0,70) dan mempunyai arah yang positif namun tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah
mahasiswa baru di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis hal tersebut dikarenakan t hitung lebih
kecil dari t tabel yaitu 1,70 2,353. ; 3). Biaya promosi dan kuantitas SDM secara bersama-sama memiliki
hubungan sangat kuat dan mempunyai arah yang positif ,namun tidak terdapat pengaruh signifikan
terhadap jumlah mahasiswa baru di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis dan hal tersebut terjadi
karena F hitung lebih kecil dari F tabel yaitu 4,88 19,00.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alma H Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran
dan Pemasaran Jasa. Bandung. Penerbit:
Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta.Penerbit: Rineka Cipta.
Arwildayanto. 2012. Manajemen Sumber Daya
Manusia Perguruan Tinggi: Pendekatan
Budaya Kerja Dosen
Profesional.Gorontalo. Penerbit: Ideas
Publishing
DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v1i1.11
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v1i1.11.g8
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Add comment
Ekonologi indexed by:
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.