ANALISIS PENERAPAN FORECASTING DALAM PENENTUAN ANGGARAN PENJUALAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PERUSAHAAN

Ade Iik

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada penerapan metode forecasting dalam penentuan anggaran penjualan dan implikasinya terhadap peningkatan penjualan (suatu studi pada PD. Idaman ciamis periode 2012-2016). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan Analisis Trend Moment dan Least Square, Standar Kesalahan Forecasting (SKF), Analisis Varian, Analisis Rasio Efektivitas dan Analisis Rasio Pertumbuhan. Hasil penelitian dan pengolahan data menemukan bahwa 1) PD. Idaman PD. Idaman menerapkan metode peramalan penjualan (forecasting) secara kualitatif, yaitu penentuannya berdasarkan dari pendapat (judgement). Nilai anggaran yang disusun melalui metode kualitatif menghasilkan nilai yang lebih besar daripada nilai anggaran melalui metode kuantitatif (Trend Moment dan Least Square); 2) Anggaran penjualan yang disusun PD. Idaman setiap tahunnya mengalami perubahan, perubahan dari anggaran penjualan produk tersebut menyebabkan besar kecilnya penurunan ataupun peningkatan terhadap hasil penjualan; 3) Anggaran penjualan yang disusun PD. Idaman melalui peramalan penjualan secara kualitatif dalam upaya meningkatkan penjualan perusahaan sudah berjalan cukup baik.

References


Afrianti. 2011. Model Time Series untuk Peramalan Tingkat Penjualan Jenis Bahan Bakar Minyak Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum. Skripsi pada FST UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Tidak diterbitkan

Ahmad Saebani, Beni.2008. Metode Penelitian. Bandung: CV.Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Armin, Kusminaini. 2015. Anaslisis Anggaran Penjualan terhadap Realisasi Penjualan pada PT. Anugerah Pharmindo Lestari Cabang Palembang. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Amkop (STIM Amkop) Palembang : Diterbitkan

Basu, Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Gunawan dan Marwan, A. 2010.Anggaran Perusahaan.Yogyakarta : BPFE

Hasibuan, Malayu SP. 2007. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2009. Manajemen Operasional Buku 1 Edisi 9. Jakarta : Salemba 4.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.

Kurniawati. 2009. Penerapan Metode Forecast Dalam Menyusun Anggaran Penjualan Pada PT. Asuransi Jasindo (Persero) Cabang Solo. Skripsi pada D3 Akuntansi FE UNS Surakarta : Tidak diterbitkan.

Febrina. Mira, et. al.2013. Peramalan Jumlah Permintaan Produksi Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST).Skripsi pada Fakultas Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Tidak diterbitkan.

Mulyadi. 2001. Budgeting : Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Jakarta : Salemba Empat

Munandar, M.2007.Budgeting : Perencanaan Kerja, Pengorganisasian Kerja dan Pengawasan Kerja. Yogyakarta : BPFE.

Naftali. Ester, et. al. 2011.Analisis Anggaran Penjualan Obat Sebagai AlatUkur Efektivitas Kinerja Perusahaan Pada PT. Sinar Prima Lestari.JurnalpadaJurusan Akuntansi Politeknik PalComTech Palembang: Tidak diterbitkan.

Paramita, Citra. 2011. Analisis Perbandingan Metode Peramalan Penjualan Bahan Bakar Minyak Dengan Standar Kesalahan Peramalan (SKP) pada PT Pertamina(Persero) Region Iv Jateng dan DIY. Skripsi pada FE UNDIP Semarang : Tidak diterbitkan.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integreted Marketing Communiccation. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukirno, Sadono.2010. Mikro Ekonomi Teori Pengantar.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode dan Teknik. Bandung : Tarsito

Yanti, Nurin Eva. 2016. Penerapan Metode Forecast Dalam Menentukan Anggaran Penjualan Pada PT. Kediri Tani Sejahtera. Skripsi pada Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas nusantara PGRI Kediri : Tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i1.1150

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i1.1150.g1046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.