PENGARUH RATIONAL BUYING MOTIVE DAN EMOTIONAL BUYING MOTIVE TERHADAP REPURCHASE INTENTION

Yeti Nurhayati

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada motif konsumen dalam melakukan pembelian baik secara rasional maupun emosional. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada perusahaan Abadi Rasa Ciamis diketahui bahwa pesanan pada perusahaan tidak stabil.Yaitu dengan adanya kenaikan dan penurunan yang signifikan.Sehingga perlu dianalisis bagaimana motivasi konsumen untuk melakukan pembelian yang tidak hanya satu kali, tetapi berulang-ulang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rational buying motive dan emotional buying motive terhadaprepurchase intention Konsumen Abadi Rasa. Metode yang digunakan dalam peneitian ini analisis deskriptif dengan teknik survey.Dengan melakukan survey kepada 52 konsumen Abadi Rasa Ciamis. Analisis data yang digunakan adalah Analisis regresi, koefisien korelasi, Koefisien Determinasi sertaUji t danUji F. Hasil dari penelitian rational buying motive dan emotional buying motive berpengaruh positif terhadap repurchase intention sebesar 70,56%, sedangkan sebesar 29,44% dipengaruhi oleh faktor lain.

References


Alma,Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rhineka Cipta.

Arrizky, M. Mizwar dan Ilhamuddin. 2014. Pengaruh Rational Buying Motives Dan Emotional Buying Motives Terhadap Disonansi Kognitif Pemilik Produk Laptop. Jurnal pada Program Studi Psikologi, Universitas Brawijaya Malang.

Basu , Swastha . 2015. Manajemen Penjualan .Yogyakarta : Cetakan Kesembilan . BPPE-Yogyakarta.

Basu, Swastha dan Irawan.2008.Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta . Liberty

Budianto, Apri.2015. Manajemen Pemasaran .Yogyakarta . Penerbit Ombak.

Handono ,Christoper Andretta, et. Al. 2015.Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Beli Ulang pada Produk McDonald di Surabaya. Jurnal Gema Aktualita, Vol. 4 No. 1, Juni 2015.

Hasibuan, Malayu . 2009. Manajemen. : Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta. Bumi Aksara.

Hendarsono ,Gersom dan Sugiono Sugiharto.2013. Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Cafe Buntos 99 Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2, (2013) 1-8

Iqbal.2016.Pengaruh Motif Rasional Dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Bri Syariah Di Lampung.Tesis pada Program Pascasarjana Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung. Tidak diterbitkan

Kementrian Perdagangan.2017.Ekpor Impor Indonesia.Jakarta : Kementrian Perdagangan

Kholifah,Nur.2015.Penyesalan pasca pembelian (post purchase regret) ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Skripsi pada Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.Tidak diterbitkan.

Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran .Jakarta : edisi 12 jilid 1. PT Indeks.

Kotler, Philips dan Gary Armstrong . 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : edisi 12 jilid 1. Erlangga.

McKinsey Global Institute.2012.Perekonomian Nusantara:Menggali Potensi Terpendam Indonesia. Tersedia di http://www.mckinsey.com/indonesia/pdfs

Mutiā€™ah, Niswah. 2015. Pengaruh Motif Rasional Dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Perbankan Syariah .Skripsi pada Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam) UIN Syarief Hidayatullah.Tidak diterbitkan.

Purwanti.Endang. 2011. Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Departement Store/Supermarket Di Salatiga. Among Makarti, Vol.4 No.7, Juli 2011

Riduwan. 2014. Metode Dan Teknik Menyusun Prooposal Penelitian (untuk Mahasiswa S-1, S-2 dan S-3). Bandung. Alfabeta

Setiadi, J Nugroho. 2015. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta : Cetakan Keenam. Prenadamedia Group.

Rahma, Eva Sheila. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Teerhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Telelpon Selular Merek Sony Ericson di Kota Semarang). Tesis pada Program Studi Magister Manajemen Universitas Dipenogoro.

Saidani,Basrah dan samsul Arifin.2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market.Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung.Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandug : cetakan kedua . Alfabeta.

Suharno.2010. Marketing in Practice.Yogyakarta : edisi pertama . Graha Ilmu.

Virgo,Muklis.2015.Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Kamera DSLR Di Bandung).Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Tidak diterbitkan

Wibisaputra, Adiztya .2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg (Di PT. Candi Agung Pratama Semarang).Skripsi pada Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro.Tidak diterbitkan.

Wibowo, Sarwo Eddy. 2013. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Toko Buku Gramedia Yogyakarta.Jurnal Ekonomi, Volume 4 No 1, Mei 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i1.1154

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i1.1154.g1050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.