PENERAPAN DIGITAL MARKETING MELALUI FANS PAGE UNTUK MENTARGET PASAR SASARAN PADA USAHA MIKRO DI DESA CICAPAR

Mukhtar Abdul Kader, Wiwin Setianingsih

Abstract


Usaha Mikro merupakan jenis usaha yang paling banyak ditemukan di Indonesia begitu pun Kabupaten Ciamis di desa Cicapar Kec. Banjarsari terdapat 31 usaha mikro dan 13 jenis usaha, dari 13 jenis usaha tersebut terdapat dua jenis usaha yang mempnyai potensi dikembangkan lebih maju yaitu Kerajinan anyaman lidi dan Nata Decoco. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana penerapan Fans page untuk mentarget Pasar Sasaran pada Usaha Mikro di Desa Cicapar yang nantinya dapat memberikan manfaat dalam pengkatan daya saing usaha mikro yang pada akhirnya mengkatkan pendapatan masyarakat hingga dapat menurunkan tingkat kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, metode penelitian yang digunakan untuk menerapkan fans page pada produk tertentu. Dan mengkaji kefektifan mentarget pasar dengan cara menggunakan teknologi pemasaran terkini yang dapat digunakan oleh pemilik usaha sekecil apa pun terutama pemilik usaha kecil di desa Cicapar Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian ini bahwa dengan luas desa cicapar 404 km2 yang terdiri dari 31 pelaku usaha dan 13 jenis usaha yang tadinya hanya menerapkan bentuk pemasaran media sosial BBM dan WA yang hanya menjangkau teman teman tercatat namun saat ini sudah mampu menerapkan bentuk promosi yang lebih luas menjangkau pasar seluas luasnya dan tertarget dengan menggunakan FANS PAGE dengan biaya yang cukup murah.

Full Text:

PDF

References


Aditya Wardhana. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. https://www.academia.edu/17287897/strategi_digital_marketing_dan _implikasinya_pada_keunggulan_bersaing_ukm_di_indonesia. Diakses pada tanggal 22 Februari 2018 Pukul 04.32 WIB.

Bertha Silvia Sutejo. 2006. Internet Marketing: Konsep dan Persoalan Baru Dunia Pemasaran. http://www.e-jurnal.com/2013/12/internet-marketing-konsep-danpersoalan.html Diakses pada tanggal 20 Februari 2018 Pukul 03.00 WIB.

Creswell John.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karsidi. Ravik. 1997. Persiapan Sosial. Makalah Pelatihan Pendamping Pengusaha Mikro. Malang: Bank Indonesia.

Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition.Pearson. Prentice Hall.

Marwanti. 2009. Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Program Life Skills Berbasis Potensi Daerah Terintegrasi dengan Pemberantasan Buta Aksara Berwawasan Gender di Kabupaten Bantul. Laporan Penelitian Strategis Nasional. Lembaga Penelitian UNY.

Mubyarto. 1991. Strategi Pembangunan Pedesaan. Yogyakarta: P3PK UGM.

Novia Ayu Putri. 2016. Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion Melalui Evaluasi Benchmarking. http://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/download/105/98. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018 Pukul 03.17 WIB.

Ruwiyanto. Wahyudi. 1988. Pengaruh Faktor-Faktor Dinamika Organisasi Lembaga pendidikan Karya Terhadap Manfaat Sosio Ekonomi Warga Belajar. Disertasi S3. Bogor: Fak. Pasca Sarjana IPB.

Virmansyah. (2017). Meningkatkan Omset Melalui FB Ads | Virmansyah. Retrieved May 8, 2017, from http://m.virmansyah.abatasa.co.id/post/detail/36898/meningkatkan-omset-melalui-fb-ads.

Wasak. Martha. 2012. Keadaan Sosial-Ekonomi Masyarakat Nelayan di Desa Kinabuhutan Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara Sulawesi Utara. Pacific journal. Januari 2012 Vol. 1 (7).

____, 1998. Strategi Pembinaan dan Pengembangan Kelompok Pengusaha Mikro. Makalah Pelatihan Pendamping Usaha Usaha Mikro. Jakarta: Asian Development Bank - Bank Indonesia.

____, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i1.1355

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i1.1355.g1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.