Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pengaruh proactive service terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis? (2) Bagaimana pengaruh people terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis? (3) Bagaimana pengaruh physical evidence terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis? (4) Bagaimana pengaruh proactive service, people, dan physical evidence terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis?Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari, mengetahui, dan menganalisis (1) Pengaruh proactive service terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis. (2) Pengaruh people terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis. (3) Pengaruh physical evidence terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis. (4) Pengaruh proactive service, people, dan physical evidence terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey explanatory, sedangkan teknis analisis data, yaitu uji validitas, uji reabilitas, statistik deskriptif, Analisis Statistik Induktif (Inferensial) dengan Regresi Berganda (Multiple Regression). Hasil penelitian menginformasikan bahwa (1) Proactive service berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis. Artinya jika proactive service ditingkatkan, maka kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis akan meningkat pula. (2) People berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis. Artinya jika people ditingkatkan, maka kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis akan meningkat pula. (3) Physical evidence berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis. Artinya jika physical evidence ditingkatkan, maka kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis akan meningkat pula. (4) Proactive service, people dan physical evidence berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis. Artinya jika proactive service, people dan physical evidence ditingkatkan, maka kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI KCP Ciamis akan meningkat pula.
Keywords
Proactive Service; People; Physical Evidence; Kepuasan Nasabah
References
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Pertama. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.
Kotler, P. and Keller, K.L. 2012. Marketing Management: 13th Edition. New Jersey: Upper Saddle River.
Lovelock and Wright. 2014. Principles of Service Marketing and Management. New Jersey: Prentice Hall.
Lupiyoadi, Rambat. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia publishing.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2015. Service, Quality, Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Yazit. 2015. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonisia