ANALISIS ORIENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DI ERA TEKNOLOGI

Rizki Maulana Wahyu, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Analisis Orientasi Pasar dalam meningkatkan Keunggulan Bersaing di Era Teknologi. Penelitian dilakukan pada CV. Diva meubel Kota Tasikmalaya. Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini : 1). Bagaimana Orientasi pasar yang dilakukan oleh CV. Diva meubel Kota. Tasikmalaya? 2). Bagaimana keunggulan bersaing diera teknologi pada CV. Diva meubel Kota Tasikmalaya? 3). Bagaimana Orientasi pasar dalam meningkatkan keunggulan bersaing diera teknologi pada CV Diva meubel Kota. Tasikmalaya? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan pemilik dan manajer pemasaran pada CV. Diva meubel Kota Tasikmalaya. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Orientasi Pasar dalam meningkatkan Keunggulan Bersaing di era teknologi pada CV. Diva Pada CV. Diva meubel Kota Tasikmalaya sudah dikelola dengan upaya-upaya yang sistematis dengan cara menggali informasi dan menggali kebutuhan pelanggan. CV. Diva meubel selalu menciptakan inovasi produk dan memberikan produk yang berkualitas dengan lebih mengutamakan desain, gaya dan pelayanan konsumen dengan memanfaatkan teknologi.

Keywords


Orientasi Pasar; Keunggulan Bersaing; Era Teknologi

Full Text:

PDF

References


Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta; Mitra Wacana Media.

Akhiri Amirul. 2014. Mencapai Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis Studi Pada Ukm Pengolahan Tepung Tapioka Di Ngemplak Kidul Margoyoso Kabupaten Pati. Hal 1-16 (Februari).

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Fayol, Hendry. 2013. Pengantar Administrasi dan Fungsi-Fungsi Manajemen 2014.

Hasan, Ali. (2009).Marketing.Yogyakarta : Media Pressindo.

Hasibuan, malayu. 2009. manajemen: dasar,pengertian dan masalah, jakarta : bumi aksara

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Istanto, Yuni. 2010. Pengaruh Keungguolan Bersaing dan Positioning Terhadap Kinerja (survey pada Koperasi Serba Usaha koperasi di Kabupaten Sleman Yogyakarta) vol 08, no 2.

Kotler, Philip, Gary Armstrong. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Phillip. (2009). Manajamen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Morgan, Robert M. and Shelby D. Hunt. 2005. The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing. Jul 58 (3): 20-38

Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi penelitian kualitatif, bandung : Remaja Rosdakarya,

Nursalam. (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian. Jakarta : Salemba

Prakosa, Bagas. (2003). Pengaruh Orientasi Pasar, Iovasi dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan untuk Mencapai Keunggulan Bersaing.Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, vol. 2 no. 1, (Januari).

Rivai, Vertijal dan Sagala, Ella Jauvani, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grapindo.

Schermerhorn Jr, John R. 2011. Introduction to Management. 11th edition. John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.

Solihin, Ismail (2012). Manajemen Strategik, Penerbit Erlangga, Jakarta

Suprihatini Rohayati. 1999. Peran Teknologi Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Strategi. Peningkatan Penguasaan Teknologi Di Industri Teh Indonesia. Hal 42-65 (Februari).

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Sugiyarti Gita. 2015. Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pembelajaran , Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk (Studi Empiris Pada Industry Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah. Di Kota Semarang) hal. 110-123.(Februari).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setiawan Herry. 2012. pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi songket skala kecil dikota Palembang) hal. 12-36.(Februari).

Safroni, dan Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya : Aditya Media Publishing

Septi, Atik, dan Ratminto. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Suparyanto, dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media

Tjiptono, F. 2010. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi

Supriyati. 2011. Metodologi Penelitian.Bandung: Labkat press

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik Yogyakarta : Andi

Triton, PB. 2008. Keunggulan Bersaing. Cetakan Pertama. Penerbit Oryza. Yogyakarta.

Rivai, Vertijal dan Sagala, Ella Jauvani, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grapindo.

Terry, George R., dan Leslie. W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, alih Bahasa, G.A

Ticoalu, Jakarta: Bina Aksara, 2009.

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik Yogyakarta : Andi

Triton, PB. 2008. Keunggulan Bersaing. Cetakan Pertama. Penerbit Oryza. Yogyakarta.

Yeni Fitri. 2012. Pengaruh Keunggulan Bersaing Diferensiasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada KFC Di Kota Padang. vol. 2 no. 1, (februari).




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/ekonologi.v6i2.2981

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.2827/ekonologi.v6i2.2981.g2643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.