PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA (Penelitian pada siswa kelas X di SMA YRM Cihawar)

Lela Kodariah, Endang Hardi, Yoyon Sutresna

Sari


Ada beberapa kendala yang sering dihadapi guru dalam menyampaikan materi pelajaran diantaranya yaitu pembelajaran yang berlangsung satu arah, keadaan tersebut menyebabkan peserta didik kurang terlatih untuk mengembangkan daya nalarnya dalam memecahkan permasalahan sehingga kemampuan menganalisis siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan analisis siswa pada pokok bahasan Tumbuhan Lumut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA YRM Cihawar tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan Quasi Eksperimen dan desain one group pretest-postest design. Populasi seluruh siswa kelas X yang hanya ada 1 kelas yang digunakan sebagai sampel populasi dengan teknik sampling jenuh.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan data yang diperoleh berupa kemampuan analisis. Berdasarkan hasil perhitungan uji z, maka diperoleh Zhitung sebesar 3,2 sedangkan Ztabel sebesar 2,33, dengan demikian Zhitung > Ztabel Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan analisis siswa, dengan tingkat pengaruh berkategori tinggi (N-gain 0,79).Kata kunci: Problem Based Learning, kemampuan analisis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arends, I. (2008). Belajar Untuk Mengajar. (terjemahan helly prajitno & sri sri

mulyantini soetjipto). New York: McGraw Hills. (buku asli diterbitkan

tahun 2007)

Arikunto, suharsimi. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi

Aksara

Bachtiar, H. W.(2008). Media pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dewina, S., Suganda, O., Widiantie, R., ( 2017 ). PENGARUH MODEL

PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP

KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN KETERAMPILAN

BERARGUMENTASI SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN

LINGKUNGAN DI KELAS X. Volume 9(2) : 64.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka

Pelajar.

Ibrahim, M. Dan Nur, M (2000). Pengajaran berdasarkan masalah. Surabaya.

Unesa University Press

Murfiah Uum. (2017). Pembelajaran terpadu. Bandung . Refika Aditama

Ngalimun. ( 2014 ). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta. Aswaja

Pressindo

Noviar, D. (2015). Pengaruh Model Penerapan Model Probelm Based Learning

Berbasis Scientific Approch Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA

N 2 Banguntapan. Vol 8(2)

Novita, S., Santosa, S., dan Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan

Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan

Guided Discovery Learning. Vol 13(1) : 1

Priansa, doni,. J. ( 2017 ). Pengembangan strategi dan model pembelajaran :

Bandung. Pustaka Setia

Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Sudjana. (2013). Metode Statistika. Bandung. Tarsito

Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Alfabeta.

Wulandari, B. (2013). “ pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar

ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK”. Jurnal pendidikan vokasi. 3(2)178-




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5243

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.