SOSIALISASI MANAJEMEN MARKETING ONLINE MENGGUNAKAN BLOG PADA UMKM JASA PENJAHIT BAJU DI PASAR PADAYUNGAN KOTA TASIKMALAYA

Lia Yulia, Irfan Faris Rudiana

Abstract


Permasalahan yang dihadapi pada jasa usaha menjahit baju ini adalah mitra tidak terlalu fokus pada pengembangan pengelolaan pemasaran, mitra  lebih mengandalkan sistem pemasaran konvensional, dan lokasi usaha yang  tidak terlalu strategis. Hal ini menyebabkan bidang usahanya sulit dikenal oleh masyarakat luas sehingga menjadi kendala dalam mengembangkan usahanya. Kegiatan ini bertujuan utuk memberikan solusi mengenai permaslahan yang sedang dihadapi yaitu dengan menerapkan manajemen marketing menggunakan media internet (online). Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan manajemen pemasaran secara online ini diharapkan dapat menambah wawasan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan internet sebagai media promosi online untuk memperkenalkan bidang usahanya pada masyarakat luas dalam meningkatkan omzet usahanya. Hasil kegiatan ini adalah para pelaku bisnis khususnya bidang jasa penjahit baju di pasar Padayungan Kota Tasikmalaya memiliki pengetahuan dalam menggunakan media sosial dan internet sebagai sarana dalam mempromosikan bidang usahanya.


Keywords


Manajemen pemasaran online, UMKM jasa penjahit baju

Full Text:

PDF

References


Al Fatta,Hanif,2009, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern.

Armstrong & Kotler. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi ke 12, Jilid 1).Jakarta: Erlangga.

Boone, Louis E., and Kurtz, David L., 2005., Contemporary Marketing, Ohio: Thomson South Western

M. H. Santosa,” Pemanfaatan Blog (jurnal online)dalam pembelajaran menulis “Universitas Pendidikan Ganesha ,Bali 2015.

Setiawati,Ira ,peran media sosial sebagai upaya pemasaran Bisnis Online (perspektif Kualitatif).STMIK HIMSYA, 2017

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller,(2016): Marketing Management, 15thEdition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Wiliam J Station. 1999. Prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.

Undang - undang No. 20 tahun 2008 tentang UMKM yang terkai dengan pengembangan daya saing UMKM Pasal 1 ayat (9) dan ayat (10)

Peraturan Undang-Undang No. 20 tahun 2008 pasal 1 tentang usaha mikro, kecil dan menengah

https://www.rmol.co/read/2015/07/10/209872/Inilah-Pokok-pokok-Aturan-UMKM-dalam-Konstitusi-dan-UU-20/2008-

http://harjo820.blogspot.com/2015/03/makalah-pengelolaan-umkm.html

(http://shandianskonveksi.blogspot.com/2017/01/sejarah-menjahit-dan-tokoh-penemu-mesin.html)

(Sumber: Merriam Webster

Jenis-jenis blog (https://id.wikipedia.org/wiki/Blog).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/abdimas%20galuh.v1i1.2877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@unigal.ac.id, abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh diindeks oleh: