PELATIHAN E-LEADERSHIPS BAGI KARANG TARUNA P4DK

Imam Maulana Yusuf, Agus Nurulsyam Suparman, Iwan Setiawan

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) dikemas dalam bentuk “Pelatihan E-Leadership Bagi Karang Taruna P4DK” berlokasi di Desa Kepel Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Hal ini dilakukan dengan melihat hasil analisa situasi terhadap kondisi mitra, diperoleh gambaran permasalahan utama terkait dengan peran dan fungsi karang taruna desa yang kurang memberikan kontribusi signifikan dalam pelaksanaan pembangunan didesa. Disamping itu, pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi melalui gadget/smartphone oleh para anggota karang taruna tidak diorientasikan pada peningkatan kapasitas diri dan peluang untuk mengembangkan potensi daerah. Oleh karena itu, diperlukan adanya perubahan pola pikir dan pembentukan jiwa kepemimpinan pemuda agar mampu menjadi penggerak pembangunan dan mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Tujuan dilakukanya kegiatan PKMS ini, adalah meningkatkan pemahaman melalui pelatihan e-leadership bagi Karang Taruna P4DK. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas lima tahapan, yaitu: sosialisasi program, pemberian materi, pelatihan, evaluasi dan tindak lanjut. Dari hasil pelaksanaan kegiatan PKMS ini, terjadi peningkatan kapasitas dan pemahaman dari anggota Karang Taruna P4DK dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terutama gadget baik dari segi aturan hukum dan maupun sebagai media yang bermanfaat untuk pembangunan di masyarakat.

 


Keywords


karang taruna, teknologi informasi dan komunikasi

Full Text:

PDF

References


Wildahlia, A. G. (2015). Pengaruh E-Leadership Kualitas Sistem Informasi Manajemen (SIM) Terhadap Proses Manajemen Pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. S@cies, 6(1), 85–91.

Suprayoga, Iswoyo, A., & Syahrial, R. (2016). Model Pemberdayaan Karang Taurna di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. AJIE, 1(2).

Sudarmin, Santosa, P. I., & Winarno, W. W. (2015). Model Evaluasi E-Leadership pada Implementasi Program E-Development. Sesindo, (November), 363–371.

Astiti, S. (2009). Upaya Penyiapan e-Leadership Dalam Rangka Mendukung Penyelenggraan e-Government. Pusat Inovasi Kelembagaan Sumber Daya Aparatur Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara, (3).

Definisi E-Leadership, http://mastel.wordpress.com/category/e-leadership/, tanggal akses: 30 Agustus 2018.

What is eLeadership?, http://www.vision2lead.com/html/eleadership.html, tanggal akses: 30 Agustus 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/abdimas%20galuh.v1i1.2884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@unigal.ac.id, abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh diindeks oleh: