MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK DAN REMAJA PRA-SEJAHTERA UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA SITU LENGKONG PANJALU

R. Bunga Febriani, Andi Rustandi, Bambang Ruby Sugiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak dan remaja pra-sejahtera untuk mendukung kegiatan pariwisata Situ Lengkong Panjalu melalui pelatihan bahasa Inggris untuk pariwisata. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 6 sesi dalam waktu 3 bulan dengan metode praktik secara langsung, demonstrasi, simulasi, dan bermain peran secara berkelompok. Sebanyak 8 materi disajikan mengenai beberapa ungkapan, informasi, dan praktik komunikasi dalam Bahasa Inggris yang umum dan lazim digunakan di bidang pariwisata. Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan baik. Peserta mampu mengikuti dan menampilkan demonstrasi secara langsung terkait materi yang diberikan. Walaupun masih terjadi kesalahan dalam hal pengucapan (pronunciation) dan peserta kegiatan masih perlu dorongan untuk lebih percaya diri dalam berbahasa Inggris. Di akhir kegiatan, diharapkan para peserta mendapatkan pengalaman belajar yang dapat menjadi salah satu modal bagi mereka untuk ikut bersaing di era industri 4.0 yang secara global menuntut kecakapan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Keywords


Bahasa Inggris, pariwisata, Anak dan Remaja, Pra-sejahtera

Full Text:

PDF

References


Ashley, Caroline. (2000). The Impact of Tourism on Rulal Livehoods: Namibia’s Experience. London. Chameleon Press.

Aulia, Vivi et.al. (2017). Pelatihan Penggunaan Bahasa Inggris untuk Pariwisata (English for Tourism) Bagi Siswa SMKN 4 Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.1 (1) 2017.

Cameron, Lynne. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge. Cambridge University Press.

Cattarinich, Xavier .(2001). Pro-poor Tourism Initiatives in Developing Countries : Analysis of secondary case studies, PPT Working Papner o. 8, Department of Sociology, University of Alberta, Canada.

Cresswell, J. W. (1994). Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London. Sage Publications.

Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. (2018). Situ Lengkong Panjalu. (online). Tersedia: https://dispar.ciamiskab.go.id/2017/04/12/situ-lengkong-panjalu/ (9 Desember 2018).

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi JABAR. (2018). Situ Lengkong Panjalu. (online). Tersedia: http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=21〈=id (9 Desember 2018).

Galela, Dolfina (2014). Peranan Bahasa Inggris Di Bidang industri Pariwisata Di Tobelo. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi Vol 1, No 01 (2014).

McCarthy, Michael & O’dell, Felicity. (1999). English Vocabulary in Use: Elementary. Cambridge. Cambridge University Press.

McCarthy, Michael & O’dell, Felicity. (2002). English Vocabulary in Use: Upper-Intermediate. Cambridge. Cambridge University Press.

Kompas (2018). www.edukasi.kompas.com (online).

Kuncoro, Mudrajat (2006). Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Nugroho, Heru (1999). Kemiskinan dan Kesenjangan di Indonesia: Kemiskinan, Ketimpangan dan Pemberdayaan. Yoyakarta: Adtya Media.

Redman, Stuart. (1997). English Vocabulary in Use: Pre-Intermediate and Intermediate. Cambridge. Cambridge University Press.

Setyanto, Aji. (2012). Pentingnya Penguasaan Bahasa dan Budaya Asing Sebagai Pendukung Utama Sektor Pariwisata. Tersedia: http://fib.ub.ac.id/wrp-con/uploads/Journal-Pariwisata-_Aji-Setyanto_-Pentingnya-Penguasaan-Bahasa-dan-Budaya-Asing.pdf

Shipton, I., Mackenzie, A.S., (2006). The Child as a Learner. Shipton J., & Council.

Tempo.Co (2018) tersedia: https://travel.tempo.co/read/1139099/pertumbuhan-pariwisata-indonesia-peringkat-9-di-dunia/full&view=ok

Tourism Indonesia (2018). Tersedia: http://wikipedia.org/TourismIndonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v1i1.2919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: