PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMANFAATAN DAN PENATAAN PEKARANGAN

Achmad Faqih

Abstract


Desa Sirnabaya memiliki potensi sumberdaya alam yang melimpah, namun realisasi konsumsi masyarakat masih di bawah anjuran pemenuhan gizi. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan gizi masyarakat harus diawali dari pemanfaatan sumberdaya yang tersedia maupun yang dapat disediakan di lingkungannya. Upaya tersebut ialah memanfaatkan pekarangan yang dikelola oleh keluarga. Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada Kelompok Wanita Tani  Desa Sirnabaya, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon dari bulan April sampai bulan Agustus 2019. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk: (1) Meningkatnya kesadaran masyarakat terutama perempuan melalui pemanfaatan dan penataan pekarangan, dan (2) Meningkatnya keterlibatan dan kemampuan masyarakat lokal untuk berpartisipasi secara aktif dan diberdayakan dalam upaya pemberdayaan pemanfaatan dan penataan pekarangan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah: (1) Penentuan prioritas program bersama sasaran program/kelompok wanita tani, (2) Penyuluhan dan pelatihan pengelolaan dan pentaan pekarangan, (3) Pelaksanaan kegiatan pemanfaatan dan pentaan pekarangan, dan (3) Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan program yang dilakukan. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa: (1) Pendampingan yang dilakukan dalam program pemberdayaan perempuan di Desa Sirnabaya dilakukan secara menyeluruh, (2) Dampak program KRPL terhadap tingkat pendapatan rumah tangga di Desa Sirnabaya  rata-rata memberikan konstribusi 53 persen, (3) Dampak program KRPL terhadap pola pengeluaran dan konsumsi pangan adalah berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari, dan (4) Evaluasi dilakukan kepada pelaksanaan program pemberdayaan perempuan melalui pemanfatan dan penataan pekarangan itu sendiri.

Keywords


Pemberdayaan, Perempuan, Pemanfatan, Penataan Pekarangan

Full Text:

PDF

References


Hanafi, A. 1991. Pemberdayaan Sumberdaya Wanita Melalui Industrialisasi Perdesaan. Departemen Pertanian, Jakarta.

Faqih, A. 2015. Persepsi Anggota Kelompok Tani Terhadap Peranan Kelompok Tani; Logika: Jurnal Ilmiah LEMLIT Unswagati Cirebon, XV(3): 72-89.

_____. 2016. Model Pemberdayaan Kelompok Tani Tanaman Pangan Pesisir Pantai; Ed.1, Cet. 1, Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

_____. 2017. Hubungan Kemampuan Kelompok Dengan Dinamika Kelompok Wanita Tani; Agrijati; Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian, 31(1): 27-38.

Badan Litbang Pertanian.2011. Pedoman Umum Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta.

Badan Litbang Pertanian. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta.

Danoesastro, H. 1998. Tanaman Pekarangan dalam Usaha Meningkatkan Ketahanan Rakyat Pedesaan. Agro-ekonomi, 3(1978): 2-25.

Erwin. 2011. Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.

Korten. 1987. Keswadayaan Masyarakat Desa Tertinggal. Yogyakarta: Aditya Media.

Mardikanto, T. 2010. Konsep-Konsep Pemberdayaan Masyarakat. Surakarta: UNS Press.

Roosganda, E. 2007. Pemberdayaan Wanita Mendukung Strategi Gender Mainstreaming Dalam Kebijakan Pembengunan Pertanian di Pedesaan. Pusat Analisis Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Bogor.

Saputro, E.P. (ed). 2001. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ketahanan Pangan Kajian Empiris LSM-LSM Mitra Yayasan Indonesia Sejahtera. Yayasan Indonesia Sejahtera. Jakarta.

Sawit. 2012. Peran Wanita Tani Terhadap Keberhasilan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari. Fakultas Pertanian, IPB. Bandung.

Soetomo. 2008. Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v2i1.3298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: