PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN DI DESA GUNUNGCUPU KECAMATAN SINDANGKASIH MELALUI PENYULUHAN TENTANG ARTI PENTING PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA

Yeni Wijayanti, Sri Pajriah, Yadi Kusmayadi

Abstract


Pendidikan menjadi salah satu tolok ukur Indeks Pembangunan Manusia. Oleh karena itu, penting kiranya untuk meningkatkan pemahaman bagi masyarakat tentang pentingnya pendidikan yang berpengaruh terhadap kualitas manusia. Sasaran yang dituju dalam pengabdian ini adalah masyarakat miskin yang memiliki pemahaman kurang terhadap pentingnya pendidikan. Tujuan kegiatan ini adalah agar kualitas sumber daya manusia Desa Gunungcupu dapat meningkat, mengingat jumlah penduduknya yang besar. Metode yang digunakan untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan tersebut adalah dengan metode penyuluhan yang disampaikan secara lisan. Hasil umum yang diharapkan dapat tercapai adalah adanya perubahan pola pikir, sikap, dan perilaku, dan secara khusus adalah meningkatnya pemahaman masyarakat terutama masyarakat miskin mengenai pendidikan yang mempunyai arti penting terhadap Indeks Pembangunan Manusia.

Keywords


Pemberdayaan, Pendidikan, Indeks Pembangunan Manusia

Full Text:

PDF

References


Atmanti, H.D. 2005. Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan, 2(1): 30-39.

http://www.bps.go.id

Nugrahadi, E,W. dan Rinaldi, M. 2017. Pendidikan sebagai Pendorong Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia. Jurnal Mediasi, 06(2): 34-43.

Poedjiadi, A. 1997. Perkembangan Ilmu (Sains) Pendidikan untuk Peningkatan Wawasan Keilmuan dan Teknologi di Indonesia. Makalah disampaikan pada Konvensi Internasional Ilmu Pendidikan. Soul - Korea 26 - 30 Mei 1997.

Profil Desa Gunungcupu

Siregar, N.S.S. 2013. Pesepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1(1): 11-27.

Sutrisnowati, Sri Agustin, dkk. 2012. Pelatihan Pembuatan Media Kreatif Sederhana sebagai Pendukung Pembelajaran Geografi untuk Guru-Guru SMA/MA Se-Kabupaten Gunung Kidul. Laporan PPM. UNY: FIS.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v2i1.3325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: