PENGEMBANGAN PEDAGANG KUE MELALUI NETWORKING DI KAMPUNG KUE RUNGKUT LOR, KECAMATAN RUNGKUT, SURABAYA

Maria Widyastuti, Andreas Andreas, Aldo Aldo, Alfredo Alfredo

Abstract


Surabaya memiliki sebuah komunitas yang dinamakan “Pedagang Kue” di Kampung Kue. Hadirnya komunitas pedagang kue tersebut berawal dari keinginan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian yang lebih baik dengan menjadikan Kampung Kue sebagai kegiatan ekonomi. Terdapat 65 pedagang kue yang pada umumnya para ibu yang sudah menjajakan berbagai macam kue tradisional di depan rumahnya masing-masing. Namun, usaha mereka masih dilakukan sendiri-sendiri dan belum terorganisir dengan baik, sehingga dampaknya belum terlihat secara signifikan. Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik DarMA Cendika, membuat program yang untuk saat ini dibutuhkan antara lain: pembuatan SOP agar pekerjaan lebih efisien, konsisten dan meminimalisir kesalahan, pembukuan sederhana yang selain diperlukan untuk mengetahui perkembangan usaha, juga perlu ditanamkan pemahaman keharusan adanya pemisahan keuangan untuk usaha dan biaya keperluan pribadi. Dan membuat brosur dan katolok yang tujuannya untuk mendukung sarana promosi yang sudah ada sebelumnya. Program terakhir sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi yang sedang terjadi yaitu adanya wabah virus corona maka tim dan warga Kampung Kue membangun Rangkaian Sprinkle Spray Desinfektan  agar warga  tidak ada yang terkena virus tersebut.

Keywords


Pengembangan Pedagang kue, Networking, Kampoeng Kue

References


Andarsari, P.R. dan J. Dura. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi pada sentra Industri kripik Tempe Sanan di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 59-64.

Aristi, G. dan Rahwana, K.A. (2018). Implementasi E-Commerce Sebagai Katalog Produk Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, Jurnal Technoper, 2, 1-14.

Budiyanto, E. & Mochklas, M. (2020). Kinerja Karyawan Ditinjau dari Aspek Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja (Pendekatan Riset). Banten: CV. AA. Rizky.

Chrismardani, Y. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi Untuk UMKM Jurnal NeO-Bis, 8(2), 176 -189.

Dellamita, M.F., Fauzi, A. dan Yulianto, E. (2014). Penerapan Personal Selling Untuk meningkatkan Penjualan . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(2), 1-6.

Fatima, N.E. (2015). Strategi Pintar Menyusun SOP (Standard Operating Procedure) Penerbit Pustaka Baru Press Yogyakarta.

Gabriele. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur di Departemen Marketing dan HRD PT Cahaya Indo Persada. Jurnal AGORA Vol 6, No 1

Hapsari, D.P., Andari dan Hasanah, A.N. (2017). Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang, Jurnal Akuntansi, 4(2), 36-47.

Hedynata, M.L., dan Radianto, W.E.D. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (PERFORMA), 1(1), 87-96.

Jamak, A.B.S.A, Ghazali, Z., dan Sharif, M.A.M. (2017). Micro - entreprise growth. Strategic Management Journal Vol 6, Issue 3 p 257-272

Kotler, P., dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing: Global Edition (14th ed) New Jersey, US Pearson Education. Inc

Mezzalundi, F. dan Talar, Y. (2019). Usulan Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan PT. Antar Putra Motor di Bandung Barat. Journal of Integrated System, 2(1), 21-36.

Mochklas, M. & Hariri, A. (2019). Pelatihan Manajemen dan Produksi Untuk Meningkatkan Usaha Para Purna Tenaga Kerja Wanita (TKW) Di Solokuro Lamongan. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-II (SNHRP-II) UNIPA Surabaya.

Mochklas, M., Rusmawati, Z., Santoso, A. & Jannah, R. (2019). Pendampingan Kampung Pendidikan Kampung’e Arek Suroboyo (KP KAS) RW 03 Kelurahan Ketintang Surabaya. Jurnal Komunitas, 2(2): 51-59.

Oktaviani, M., & Mochklas, M. (2020). Free Cash Flow, Size, and Earning Management. Proceedings of the 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019). DOI https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.013

Rofi’i, N.A., Fatihudin, D. & Mochklas, M. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Produk Dr. Kebab Bara Satriya Sidoarjo. Balance, 16(1): 112-119.

Sahara, S.T. (2017). Pelaksanaan Promosi Melalui Media Cetak Brosur pada Obyek wisata Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak. JOM FISIP, 4(2), 1-11.

Santoso. J.K. (2014). Lebih Memahami SOP, Surabaya: Kata Pena.

Sembiring, M.J., Fatihudin, D., Mochklas, M., & Holisin, I. (2020). Banking Employee Performance During Pandemic Covid-19: Remuneration And Motivation. Journal of Xi'an University of Architecture & Technology, Volume XII, VII, 64-71.

Slamet R,, Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Hendriyanto, A. dan Ilma, L.L. (2018) Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.

Soetijoso, W.W., Saputera, M.I., Amindhita, S., Dwiputra, M., Andika, R., Gerardo, E., Putra, A.S. dan Paramita, K. (2019). Peningkatan Produktivitas UMKM Kue Kering dan Tik Tuk di Desa Cipanas Melalui Program Pendampingan Community Development. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM, 1(1), 53-64.

Thompsom, J., Scott, J.M. dan Martin, F. (2017). Strategic Management Awareness and Change. Andover Cengage Learning EMEA.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v2i2.3775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: