MEMBANGUN POLA HIDUP SEHAT DENGAN PROGRAM CERDIK-OBAT DI APOTEK INBE FARMA

Risma Sakti Pambudi, Reni Ariastuti, Heni Rusita

Abstract


Penyakit tidak menular (PTM) termasuk dalam  masalah kesehatan yang menjadi perhatian dalam dunia kesehatan karena merupakan salah satu penyebab dari kematian. Upaya yang dilakukan dengan cara  mengendalikan pola hidup sehat bagi masyarakat untuk meningkatkan kesehatan yaitu dengan cara promosi kesehatan.   Promosi kesehatan dengan memberikan sosialisasi Program CERDIK Obat pada masyarakat, pesan dapat disampaikan melalui media brosur. Apotek merupakan tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian, penyaluran sediaan farmasi, dan perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat. Apotek merupakan fasilitas kesehatan yang sangat dekat dengan masyarakat dan mudah untuk dijangkau. Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat yang lebih luas setelah mendapat penyuluhan melalui brosur Metode pendekatan yang dilakukan dalam sosialisasi dengan menggunakan media brosur. Proses sosialisasi dilakukan dengan memberikan brosur kepada pasien yang datang ke Apotek Inbe Farma. Setelah diberi pemaparan pasien diminta untuk mengkonfirmasi ulang informasi yang diberikan. Harapannya pasien dapat memahami dan dapat berbagi informasi pada keluarga dan masyarakat sekitar. Dari latar belakang peserta yang berbeda-beda berpengaruh pada pemahaman Program tersebut. Beberapa pasien yang datang masih ada yang belum paham mengenai mpola sehat Program CERDIK. Selain itu terdapat masyarakat yang memang sudah paham dan menerapkan pola hidup Program CERDIK.

Keywords


CERDIK, Obat, Kesehatan

References


Bustan, M.N. (2007). Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan R1. (2013). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta.

Irwanda T.M, Nugroho B.S. & Wicaksono, A. (2012). Hubungan Antara Merokok dan Hipertensi Pada Pasien Pria di Instalasi Rawat Jalan Klinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Soedarso Pontianak. Skripsi. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Jansje, H. V. Ticoalu & Yoseph L dan Samodra, (2013). Prevalensi Penyakit Tidak Menular Pada Tahun 2012-2013 di Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara Sulawesi Utara, Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 2(1), Januari 2013.

WHO. (2011) Top 10 Causes of Death. www.who.int/mediacentre/factsheets/fs310/en/. Diakses 1 Agustus 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v2i2.3917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: