PEMBERIAN TRICHOKOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum) DI KELOMPOK WANITA TANI “LINGKUNG GUNUNG”

Ivan Sayid Nurahman, Tiktiek Kurniawati, Ane Novianty

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam rangka upaya meningkatkan produksi dan produktivitas, serta menekan biaya produksi usahatani jahe merah melalui penyuluhan kepada para petani di Kelompok Wanita Tani Lingkung Gunung di Desa Sukamantri Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis yang bertujuan: 1) meningkatkan pengetahuan petani dalam pengelolaan sistem usahatani jahe merah,  2) meningkatkan pengetahuan petani dalam mengatasi masalah rendahnya produksi dan produktivitas, serta tingginya biaya produksi usahatani jahe merah. Sasaran dari kegiatan penyuluhan ini yaitu para wanita tani yang saat ini mengusahakan jahe merah dan tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Lingkung Gunung di Desa Sukamantri Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis.  Para petani yang telah mengikuti penyuluhan diharapkan akan menyebarkan ilmu pengetahuan yang didapatkannya, terutama kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan informasi teknologi budidaya jahe merah. Metode yang digunakan untuk menyampaikan informasi teknologi trichokompos yaitu penyuluhan tatap muka, yang disertai kegiatan kunjungan lapangan untuk mengetahui respon penerapannya di Kelompok Wanita Tani. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sukamantri, dengan jumlah peserta sebanyak 21 orang. Hasil kegiatan penyuluhan menunjukkan: 1) respon peserta terhadap kegiatan penyuluhan cukup baik dan antusias, dan 2) para peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan mulai mengaplikasikan rekomendasi teknologi trichokompos untuk budidaya jahe merah.

Keywords


KWT, trichokompos, jahe merah

References


Aryanta, I.W.R. (2019). Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Jurnal Widya Kesehatan, 1(2), 39-43.

Herlina. (2014). Interaksi Sosial Penyuluh Pertanian Sebagai Upaya Peningkatan Usahatani Masyarakat Petani di Kabupaten Batang. Journal of Educational Social Studies, 3(2), 30-37.

Nurlianti dan Prihanani. (2018). Peran Decomposer Dalam Pembuatan Kompos Dari Limbah Padi dan Limbah Sawit. Jurnal Agroqua, 16(1), 32-41.

Puspita, F. (2006). Aplikasi Beberapa Trichokompos Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica juncea L). Penelitian Universitas Riau. Pekanbaru. Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v2i2.3968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: