PELATIHAN PEMANFAATAN PEKARANGAN SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN GIZI KELUARGA DI KELOMPOK WANITA TANI “LINGKUNG GUNUNG”

Rian Kurnia, Benizar M. Andrie, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Kebutuhan akan sayuran sebenarnya bisa diusahakan sendiri oleh masyarakat dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan waktu luang sepulang bekerja atau waktu libur, dengan menggunakan curahan waktu tertentu dan teknologi yang digunakan kebutuhan akan sayuran bisa dipenuhi secara mandiri, tentunya dengan kualitas yang diinginkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Kelompok Wanita Tani Lingkung Gunung di Desa Sukamantri Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis, yang bertujuan memanfaatkan pekarangan rumah dengan berbagai macam tanaman dengan teknik hidroponik maupun menanam dalam polybag, sehingga kebutuhan pangan dan gizi keluarga bisa terpenuhi, serta meningkatkan pendapatan keluarga dengan menjual tanaman hasil budidaya. Sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah anggota kelompok wanita tani Lingkung Gunung. Selain itu diharapkan nantinya ini bisa mendifusikan atau menyebarluaskan kembali ke masyarakat lainnya. Metode yang digunakan dalam melaksanakan pengabdian ini yaitu metode penyuluhan tatap muka untuk menyampaikan informasi teknologi kepada anggota kelompok kemudian dilakukan kunjungan lapangan untuk melakukan pelatihan keterampilan. Kegiatan dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sukamantri, dengan jumlah peserta sebanyak 21 orang. Hasil kegiatan menunjukkan: peserta aktif dalam mengikuti kegiatan ditunjukan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan, serta ketertarikan menerapkan teknologi yang diberikan dalam kegiatan penyuluhan.

Keywords


KWT, Lahan Pekarangan

References


Dina, A. 1994. Aneka Jenis Media Tanah dan Penggunaanya. Jakarta: PT. Pemberswadaya.

Hendra, A.H. 2014. Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Pak Tani Hydrofarm. Jakarta: PT. Agro Media Pustaka.

Herlina. (2014). Interaksi Sosial Penyuluh Pertanian Sebagai Upaya Peningkatan Usahatani Masyarakat Petani di Kabupaten Batang. Journal of Educational Social Studies, 3(2), 30-37.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v2i2.4009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: