MEMBUAT SEPEDA AIR PIPA PVC PADA BUMDES SITU RANCABUNAR DESA BOJONGMENGGER, KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS

Zenal Abidin, Mumu Mujaddid Faruk

Abstract


Program PKMS yang dikemas dalam kegiatan “Membuat Sepeda Air Pipa PVC pada BUMDES Situ Rancabunar Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis”, bertujuan untuk mengatasi masalah kurangnya sarana pendukung wisata Situ Rancabunar, Sedangkan target khusus yang ingin dicapai yaitu meningkatnya produktifitas BUMDES dengan terciptanya sarana pendukung pariwisata yang tersedia, luarannya adalah artikel di jurnal nasional, artikel di media masa cetak, video di situs youtube, buku referensi dan produk sepeda air. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program pengabdian ini yaitu metode instruksional, diikuti dengan praktek yang meliputi lima tahapan, yaitu: 1) Penyampaian informasi (sosialisasi/penyuluhan), 2) Pelatihan keterampilan membuat Sepeda air pipa PVC yang meliputi: percontohan pembuatan sepeda air, percontohan penggunaan sepeda air untuk para petugas dan pengunjung, 3) Manajemen dan promosi wisata melalui leaflet, poster, dan media sosial, 5) Seminar hasil kegiatan pengabdian. Partisipasi mitra dalam mendukung program ini, selain sebagai peserta dalam pelatihan dan pelaksana program, juga ikut sharing dalam penyediaan alat dan bahan pembuatan sarana sepeda air. Selain itu, kader yang telah dilatih mempunyai tugas untuk mengembangkan, dan menularkan kepada masyarakat di sekitar BUMDES. Hasil yang dicapai, Pengelola BUMDES mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan sarana wisata, dan manajemen serta penataan sarana wisata, dan masyarakat sekitar Situ Rancabunar mendapat tambahan sumber pendapatan dengan keberadaan sepeda air ini.

Keywords


Sepeda, air, pipa, PVC

References


Ginting, N. (2016). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisata DKI Jakarta, Jurnal Analisis Ekonomi Utama, 10(2): 89-98.

Maharani, D.P. (2014). Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus Pantai Lombang), Jurnal Politik Muda, 3(3): 412-421.

Soebagyo. (2012). Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal Liquidity. 1(2): 153-158.

Ghani, Y.A. (2017). Pengembangan Sarana Prasarana Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya di Jawa Barat, Jurnal Pariwisata, 4(1): 22-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i1.4522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: