PENYIAPAN KEHIDUPAN BERKELUARGA BAGI REMAJA DI KOTA TASIKMALAYA

Peni Cahyati, Atit Tajmiati

Abstract


Masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanan ke masa dewasa. Secara fisik maupun kejiwaan banyak hal yang terjadi pada masa remaja. Periode ini sangat penting dipersiapkan agar remaja nantinya dapat tumbuh dan berkembang menjadi seorang dewasa yang sehat dan produktif. Masalah-masalah yang timbul pada masa remaja berbagai macam bentuknya karena remaja pada umumnya ingin mengetahui segala hal yang belum diketahuinya, dan ingin mencoba hal tersebut walupun tidak mengetahui efek negatif dari perbuatan tersebut. Untuk mewujudkan remaja yang mampu mengatasi masalah yang ada pada dirinya, serta mampu menghadapi tantangan ke depan yang akan semakin berat, maka pada diri remaja tersebut perlu ditanamkan kecakapan-kecakapan dalam hidup (life skills). Pendidikan life skills yang diterima oleh remaja dapat diperoleh oleh remaja tersebut secara sendiri melalui pengalaman dan aktivitas hidup, maupun melalui orang lain. Pendidikan life skills melalui perantara orang lain dapat melalui peranan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R). PIK-R dikembangkan melalui jalur pendidikan dan masyarakat, jalur pendidikan meliputi sekolah, perguruan dan pesantren. Sedang jalur masyarakat diantaranya melalui organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan dan komunitas remaja.Kedua jalur tersebut merupakan sasaran yang penting untuk mendekati komunitas remaja. Pada saat ini PIK-R di Kota Tasikmalaya berjumlah 10 yang tersebar di 10 kecamatan, pembinaannya ada di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Sebagai bentuk dukungan program ketahanan remaja untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan PIK-R agar lebih maju dan mandiri dilaksanakan kegiatan pembekalan dengan tema “Peyiapan Kehidupan Berkeluaraga Bagi Remaja di Kota Tasikmlaya”.

Keywords


Pembinaan, kehidupan berkeluarga, remaja

References


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2012). Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK R/M), Direktorat Bina Ketahanan Remaja. Jakarta.

_____. (2009). Pedoman Pengendalian Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja), Direktorat Remaja dan Perlindungan Hak-hak Reproduksi. Jakarta.

Pataki, C.S. (2006), Adolescent Development, in Kaplan & Sadock’s Comprehensive Textbook of Psychiatry, 9th Editio., B. J. Sadock, V. A. Sadock, and P. Ruiz, Eds. philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

Hatini, N. (1999). Remaja dan Lingkungan Sosialnya. Jumal Anima, 1(15): 76-82.

https//warta jogja. Go.id/detail/index/2296 di unduh tanggal 24 Desember 2020.

https//www.med.com.id/nasional/peristiwa/ibVEMBN-sosiolog-kenakalan remaja-perlu-perhatian-pemerintah di unduh tanggal 24 Desember 2020.

Santrock, J. (2002). Adolescence, perkembangan remaja, edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Undang-undang No. 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i1.4720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: