PENYULUHAN DALAM MEMINIMALISIR PEMBUANGAN SAMPAH UNTUK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DI PANTAI PANDAN CARITA KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Esti Wahyuni, Nur Aina, Anjali Kristina, Poniman Poniman, Emma Suri Yanti Siregar, Insaniah Rahimah

Abstract


Sampah merupakan suatu bahan yang dibuang atau terbuang sebagai hasil dari aktifitas manusia maupun hasil aktifitas alam yang tidak atau belum memiliki nilai ekonomis. Persoalan sampah tidak henti hentinya untuk dibahas, karena berkaitan dengan pola hidup serta budaya masyarakat. Tapanuli Tengah  adalah salah satu kabupaten yang memiliki potensi luar biasa dalam bidang wisata bahari, terutama pada pulau-pulau dan pantai yang indah. Hal ini menjadikan Kabupaten Tapanuli Tengah unggul dalam bidang wisata bahari. Akan tetapi, permasalahan utama mengenai sampah tetap menjadi sebuah permasalahan yang belum terselesaikan hingga saat ini. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan edukasi/kesadaran kepada masyarakat serta wisatawan Pantai Pandan Carita tentang: (1) Bahaya sampah (terutama plastik), (2) Cara menjaga kebersihan pantai (3) Cara pengelolaan sampah. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab dengan menggunakan media flift chart. Hasil dari kegiatan ini adalah: (1) Media yang digunakan untuk kegiatan penyuluhan berupa flift chart tentang sampah dan efeknya terhadap kehidupan, (2) Hasil observasi, diskusi dan tanya jawab, menunjukkan bahwa melalui kegiatan penyuluhan ini pengetahuan masyarakat tentang bahaya sampah terhadap kehidupan, dan (3) Kesadaran masyarakat terhadap bahaya sampah terhadap kehidupan.

Keywords


Wisata Bahari, Penyuluhan, Kesadaran

References


Aan Komariah, Djam’an Satori. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Akbar dan Usman. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Tengah. (2018). Data Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Kabupaten Tapanuli Tengah: Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Tengah.

Ferdinan, F. (2010). Pengembangan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Dalam Perspektif Pelayana Publik. Jurnal Administrasi Publik, 3(12): 2123-2127.

Hijriati, E, & Mardiana, R. (2014). Pengaruh Ekowisata Berbasis Masyarakat Terhadap Perubahan Kondisi Ekologi, Sosial dan Ekonomi di kampung Batusuhunan. Sukabumi: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 1(1): 146-159.

Jaffe, E., & Pasternak, H. (2004). Developing wine trails as a tourist attraction in Israel. International Journal of Tourism Research, 6(4): 237-249.

Jambeck, J.R., R. Geyer, C. Wilcox, T. R. Siegler, M. Perryman, A. Andrady, R. Narayan, K. L. Law. (2015). Plastic waste inputs from land into the ocean. Science, 347 (6223): 768 – 771

Marojahan, R. (2015). Hubungan Pengetahuan Masyarakat Tentang Sampah Dengan Perilaku Mengelola Sampah Rumah Tangga Di Rt 02 Dan Rt 03 Kampung Garapan Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Forum Ilmiah, 12(1): 33-44.

Murianto, M, & Masyhudi, L. (2018). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat di Teluk Seriwe Lombok Timur. Jurnal Media Bina Ilmiah, 13(2): 913-924.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i1.4953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: