EDUKASI PENCEGAHAN PENULARAN VIRUS CORONA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MEMPRODUKSI JAMU KEKEBALAN TUBUH DI KELURAHAN INDRO, GRESIK

Nursela Putri Andian, Pressa Perdana Surya Saputra

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat Universitas Muhammadiyah Gresik merupakan salah satu penerapan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi virus corona. Virus Corona adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang menyerang imunitas tubuh. Virus Corona menyebabkan sebagian penderitanya mengalami nyeri, hidung tersumbat, konjungtivitis, sakit kepala, diare, sakit tenggorokan, kehilangan indera penciuman atau perasa, perubahan warna kaki atau jari tangan atau ruam di kulit. Virus Corona memerlukan penanganan yang cepat dan tepat. Di sisi lain banyak terdapat tanaman dan ramuan yang berkhasiat sebagai penguat kekebalan tubuh yang belum dikembangkan oleh masyarakat setempat, sehingga perlu diperkenalkan kembali pada masyarakat terutama ibu-ibu Kelurahan Indro, Kebomas, Gresik. Mengingat peran ibu dalam menjaga kesehatan keluarga sangatlah penting. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendidik dan memberdayakan ibu-ibu Kelurahan Indro untuk mendayagunakan ramuan jamu tradisional dalam pencegahan Virus Corona. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan tentang pencegahan Virus Corona serta ramuan jamu untuk penguat kekebalan tubuh. Akhirnya, kegiatan ini dinilai mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu kelurahan Indro tentang pencegahan virus corona dan pembuatan jamu kekebalan tubuh untuk pencegahan Virus Corona.

Keywords


Virus Corona, Pemberdayaan, Jamu, Pengetahuan, Keterampilan

References


Pambudi, R. S., Ariastuti, R., Rusita, H., & Surakarta, U. S. (2020). Abdimas galuh. 2(September), 117–120.

Remaja, P., Panti, D. I., Lubuk, A., Adolescents, C.-I. N., Panti, A. T., & Lubuk, A. (2020). Abdimas galuh. 2(September), 158–164.

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Ushuluddin, F. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. 1–12.

UMG. (2020). Buku Panduan KKN Genap Pencegahan Covid-19 Untuk Mewujudkan Kehidupan Baru ( New Normal ). Universitas Muhammadiyah Gresik, 37-40.

Murdijati gardjito, Eni Harmayani, Kamilia Indraputri Suharjono. (2019). Jamu Pusaka Penjaga Kesehatan Bangsa, Asli Indonesia.

Faisal M. Sakri, Yusuf Al-Madiuny. (2012). 1001 Khasiat & Manfaat Jamu Godog; Untuk Segala Macam Penyakit




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i1.5086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: