PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU BAHASA INGGRIS DALAM OPTIMALISASI PLATFORM GOOGLE CLASSROOM PADA PROSES KEGIATAN BELAJAR DARING BERBICARA BAHASA INGGRIS

Luthfiyatun Thoyyibah, Ratnawati Ratnawati, Desi Nurani

Abstract


Kegiatan pengabdian ini berjudul Pelatihan dan Pendampingan bagi Guru Bahasa Inggris dalam Optimalisasi Platform Google Classroom pada Proses Kegiatan Belajar Daring Berbicara Bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan analisis situasi dan masalah yang terjadi pada pembelajaran daring di tingkat sekolah menengah pertama di Ciamis khususnya pada pembelajaran berbicara Bahasa Inggris. Kurangnya pengetahuan dan kesadaran tentang pentinya ekplorasi diri, variasi kegiatan pembelajaran dan media pembelajaran dalam pelaksanaan proses belajar dan mengajar daring berbicara Bahasa Inggris ini menjadi salah satu alasan pemilihan konsentrasi kegiatan. Maka dari itu, kegiatan pelatihan dan pendampingan yang diberikan adalah optimalisasi platform Google Classroom pada proses kegiatan belajar daring berbicara bahasa Inggris beseta menejemen kelas daring. Metode yang digunakan dalam pelatihan dan pendampingan tersebut telah dilaksanakan dalam beberapa pertemuan virtual secara interaktif dan dilanjutkan dengan tugas terstruktur sebagai output dari pelatihan dan pendampingan yang telah diberikan. Antusiasme peserta pelatihan dan pendampingan ini dikategorikan baik yang bisa dilihat dari keaktifan peserta bertanya untuk melengkapi luaran kegiatan ini dalam bentuk aktifitas penggunaan di Google Classroom. Selanjutnya, peserta memahami materi kegiatan dengan baik yang direalisasikan dengan output kegiatan yang sesuai dengan pelathan dan bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan latar belakang mahasiswa masing-masing. Sebagai simpulan, peserta merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut, hal ini terbukti dari bertambahnya kompetensi pengetahuan dan pedagogis dalam optimalisasi penggunaan Google Classroom serta implementasi praktik menejemen kelas pada kelas berbicara Bahasa Inggrsis secara daring. Untuk kegiatan di masa yang aka datang, kegiatan sejenis dapat dilaksanaan dengan waktu yang lebih lama dan bersifat berkelanjutan.

Keywords


Google Classroom, Optimalisasi, Platform

References


Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers' Perceptions. Prizren Social Science Journal , 2(2), 52-66.

Amin, M. F., & Sundari, H. (2020). Efl students' preferences on digital platforms during emergency remote teaching: video conference, lms, or messenger application? Studies in English Language and Education , 7(2), 362-378.

CNN Indonesia. (2020). NAdiem Buat Program "Belajar dari Rumah". Jakarta : CNN Indonesia .

El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal , T. (2019). PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KEPADA GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMP DI SUBANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IKIP Siliwangi, Vol 2(2).

Elizabeth , H., Hinshaw, R., Al Bataineh, A., & Bataineh, M. (2020). Exploring Teacher and Student Perceptions on the Use of Digital Conferencing Tools. The Turkish Online Journal of Educational Technology –, Vol 19 (3).

Hodges, C., Moore, S., Lockee, B., Trust, T., & Bond, A. (2020). The Difference Between Emergency Remote Teaching and Online Learning. Educause, 1-2. Retrieved from https://er.educause.edu/articles/2020/3/the-difference-between-emergency-remote-teaching-and-.

Hoi, S., Sahoo, D., Lu, J., & Zhao, P. (2018). Online Learning: A Comprehensive Survey. SMU Technical Report 1, 1-100.

Latif, S. (2016). Learning Engagement in Virtual Environmnet. International Journal of Computer Application, 148(11), 7-13. Retrieved from https://www.ijcaonline.org/archives/volume148/number11/25799- 2016911289 .

Mitchell, P., & Forer , P. (2010). Blended learning: The Perceptions of First-yesr Geography Students. Journal of Geography in Higher Education , Vol 34(1), 77-89.

Rahiem, M. D. (2020). The emergency remote learning experience of university students in Indonesia amidst the COVID-19 crisis. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(6), 1-26. Retrieved from https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.1.

Ulum, B., & Fantiro, F. A. (2019). Pemanfaatan Google Apps di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. ELEMENTA Jurnal, Vol 1 (1), 1-8 .

www.screencastify.com. (2020). Screencastify overview. Retieved from https://chrome.google.com/webstore/detail/screencastify-screen-vide/mmeijimgabbpbgpdklnllpncmdofkcpn.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i1.5089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: