PENINGKATAN KETERAMPILAN BUDIDAYA TERNAK UNGGAS BAGI PETERNAK AYAM LOKAL DI KABUPATEN KOLAKA MELALUI BIMBINGAN TEKNIS INSEMINASI BUATAN DAN METODE PERSILANGAN

Junaedi Junaedi, Khaeruddin Khaeruddin, Abdul Hakim Fattah

Abstract


Ayam lokal merupakan jenis ayam bukan ras (buras) Indonesia yang keberadaannya masih belum sepenuhnya mendapatkan perhatian dari usaha pembibitan sehingga produktivitasnya masih tergolong rendah. Peningkatan produktivitas ayam lokaldapat  dilakukan dengan program persilangan pada pemeliharaan sistem intensif. Sistem perkawinan buatan (inseminasi buatan) pada pemeliharaan sistem intensif cukup efektif dilakukan karena cukup efisien dalam penggunaan jumlah pejantan. Peternak ayam lokal di Kabupaten Kolaka belum menerapkan metode inseminasi buatan dan upaya persilangan pada ternak unggas mereka. Hal ini mendorong penulis melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi peternak ayam lokal di Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka terkait penerapan teknologi inseminasi buatan (IB) pada unggas. Rangkaian kegiatan yang meliputi: 1) Membuat Rencana Kegiatan Bimtek IB pada Unggas, 2) Membuat panduan tentang inseminasi buatan (IB) pada unggas, 3) Merancang alat IB unggas, 4) Mendemonstrasikan teknik IB ayam, 5) Evaluasi hasil praktek IB ayam. Bimbingan teknis dilakukan terhadap 8 peternak ayam lokal di Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka. Terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai inseminasi buatan pada unggas setelah dilakukan bimbingan teknis yang ditandai dengan peningkatan nilai pemahaman rata-rata 50%.    

Keywords


Inseminasi Buatan, Ayam Lokal, Kabupaten Kolaka, Persilangan

References


Badan Pusat Statistik. 2016. Populasi Ternak Unggas Menurut Jenis ternak dan kecamatan di kabupaten kolaka. https://kolakakab.bps.go.id /statictable/2017/12/19/552/populasi-ternak-unggas-menurut-jenis-ternak-dan-kecamatan-di-kabupaten-kolaka-2016.html. Diakses 2 Maret 2021.

Ginting, M. (2002). Strategi komunikasi bagi penyuluh pembangunan. Medan: DEP SEP FP USU.

Irastuti. (2011). Pengaruh bangsa pejantan dan interval deposisi sementerhadap keberhasilan inseminasi buatan pada ayam. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. 1(1), 13-25

Iskandar S. 2007. Tatalaksana pemeliharaan ayam lokal. Di dalam: Sulandari S, Zein MSA, Paryanti S, Sartika T, Sidadolog JHP, Astuti M, Widjastuti T, Sujana E, Darana S, Setiawan I et al., editor. Keanekaragaman Sumber Daya Hayati Ayam Lokal Indonesia. Jakarta: LIPI Pr.

Kismiati S. (1999). Fertilitas telur dan mortalitas embrio ayam kedu hitam pada interval inseminasi yang berbeda. Jurnal Pengembangan Peternakan Tropis. Edisi khusus, 51-55.

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of innovations. London: The Free Press.

Suprijatna, E., Sunarti, D., Atmomarsono, U. & Sarengat, W. (2012). Kesiapan Bahan Pakan dalam Mendukung Pengembangan Unggas Lokal. Dalam: Prosiding Workshop Nasional Unggas Lokal.Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, Jakarta.

Tricahyadi, W. (2012). Estimasi nilai heritabilitas fertilitas, daya tetas, dan berat badan ayam hasil persilangan ayam pelung dan broiler. Tesis. Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i1.5107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: