MEDIA PAPAN TRIPEL PYTHAGORAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs DARUL ULUM BANDUNG JOMBANG

Syarifatul Maf'ulah, Sri Ratna Zulianti, Masfufah Masfufah

Abstract


Permasalahan yang dihadapi siswa MTs Darul Hikmah Bandung Jombang adalah kesulitan memahami materi matematika, salah satunya materi Phytagoras. Hal tersebut disebabkan karena sifat matematika yang abstrak dan didukung dengan metode yang digunakan guru adalah ceramah (berdasarkan hasil observasi). Dengan demikian, melalui kegiatan pengabdian, tim pengabdi menciptakan suatu media pembelajaran yang diharapkan bisa membantu kesulitan siswa dalam memahami materi Phytagoras dalam pembelajaran matematika, yaitu Media Papan Tripel Phytagoras. Metode pengabdian ini melalui 3 tahap kegiatan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan berisi analisis kebutuhan mitra (dalam hal ini adalah MTs Darul Hikmah Diwek), perizinan dan pengajuan kerja sama, serta menciptakan media Papan Tripel Phytagoras. Tahap pelaksanaan berarti menggunakan/memanfaatkan media tersebut dalam pembelajaran matematika, sedangkan tahap evaluasi berisi pemberian tes materi Phytagoras untuk mengetahui kebermanfaatan dari media Papan Tripel Phytagoras. Hasil kegiatan pengabdian adalah tim pengabdi telah memanfaatkan media Papan Triple Phytagoras dalam pembelajaran. Pertama, pendahuluan, dalam hal ini menyampaikan tujuan pembelajaran. Kemudian kegiatan inti, yaitu menjelaskan terlebih dulu materi Phytagoras secara ceramah dan dilanjutkan dengan pemanfaatan Media Papan Tripel Phytagoras untuk memperkuat pemahaman siswa terkait materi Phytagoras. Setelah itu tim pengabdi memberikan tes. Hasilnya menunjuukan jika lebih baik setelah diterapkannya media papan phytagoras

Keywords


Media Papan Triple Phytagoras, Pembelajaran Matematika

References


Murizal dkk. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19-23.

Nugraheni, E. & Sugiman, S. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Aktifitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 101-108.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. Untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas

Widyastuti, N. S. & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183-193.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.5121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: