PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIS ONLINE DALAM PEMBELAJARAN DARING

Taufik Hidayat, Nia Rohayati, Suyono Suyono

Abstract


Pembelajaran online bukanlah hal yang mudah, apalagi jika guru belum terbiasa dengan perangkat teknologi. Berdasarkan hasil survey menyatakan mayoritas pelajar bosan dengan sistem belajar online yang sedang dijalani. Guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran online. Salah satu caranya yakni guru dapat menyisipkan game pembelajaran di kelas online. Namun, kurangnya pemahaman dan keterampilan guru tentang pembelajaran online menjadikan pembelajaran online kurang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami mengadakan pelatihan pembelajaran online yang interaktif. Adapun mitra dalam pengabdian ini adalah guru-guru yang berada di wilayah Malangbong-Garut. Metode yang digunakan dalam  pelatihan in 1) metode ceramah,  2) metode diskusi, 3) metode simulasi, dan 4) metode penugasan. Pelatihan dilaksanakan secara daring dan luring dengan jumlah peserta 60 orang. Materi pelatihan meliputi 1) pentingnya pembelajaran daring yang menyenangkan, 2) pembuatan game interaktif (kuis) dalam pembelajaran. Hasilnya, pelatihan disambut positif oleh guru-guru dari berbagai jenjang pendidikan. Selain memahami teknis pembelajaran online, guru terampil dalam membuat quis pembelajaran yang nantinya dapat digunakan ketika mengajar.

Keywords


pembelajaran daring, game interaktif, game pembelajaran

References


Hidayat, Taufik. 2019. Kajian Permainan Edukasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2) : 59-68.

Ifijeh, G., Osinulu, I., Esse, U., Adewole-Odeshi, E., Fagbohun, M., 2015. Assessing E-Learning Tools in an Academic Environment: A Study of Availability and Use among Undergraduate Students in a Nigerian University. Int. J. Progress. Educ. 11, 76–87.

Komendangi, 2016. Analisis dan Perancangan Aplikasi E-learning berbasis Learning Manajemen Sistem (LMS) Moodle di Program Study Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi. Manado : Universitas Sam Ratulangi

Misnawati. 2016. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Kecanduan Game Online pada Siswa-siswi Di SMP YPS (Yayasan Pendidikan samarinda). Ejournal.Psikologi.Fisip-unmul.ac.id, 4 (2) : 312 – 329.

Young, K. S and Abreu, C.N de (Eds). 2011. Internet Addiction: A Handbook and Guide to Evaluation and Treatment. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.5262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: