PENINGKATAN USAHA UKM KERUPUK PULI MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MANAJEMEN PENGEMASAN PRODUK

Chandra Sundaygara, Riski Nur Istiqomah Dinnullah

Abstract


Kerupuk puli merupakan produk makanan berbahan dasar beras yang sangat digemari oleh masyarakat. Kerupuk ini mudah dijumpai dimana saja. Selain harganya yang murah, kerupuk ini banyak disukai masyarakat karena rasanya gurih dan mudah didapat. Hal inilah yang menjadikan masyarakat banyak membuka peluang usaha dengan menjual kerupuk puli tersebut. Beberapa diantara UKM yang telah mengelola usaha pembuatan kerupuk puli ini adalah UKM milik Ibu Yati yang bertempat di Kelayatan Gang 2, RT 10, RW 12 Desa Sukun, Kecamatan Sukun,  Kota Malang, Jawa Timur. Pemilik UKM tersebut menjadi mitra dalam kegiatan PKM ini. Permasalahan yang ada pada mitra ini adalah proses pengemasan yang kurang baik. Selama ini mitra menggunakan lilin dalam mengemas kerupuk puli yang telah dikemas dalam plastik. Kurang merekatnya plastik yang direkatkan tersebut menyebabkan kerupuk terkontaminasi dengan udara luar sehingga mudah melempem dan menjadi kurang higienis. Oleh karena itu, tujuan dari diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pendampingan dan pelatihan manajemen pengemasan produk kerupuk puli kepada mitra UKM Kerupuk Puli. Metode yang digunakan adalah transfer ilmu pengetahuan terkait dengan desain merk dagang maupun manajemen pengemasan yang menarik kepada pemilik usaha. Hasil dari kegiatan ini adalah mitra memiliki tambahan pengetahuan  terkait pengemasan produknya agar lebuh baik dan menarik serta mampu membuat merk dagang sederhana. Sementara, dampak positif yang terjadi setelah dilakukan kegiatan ini adalah mitra mampu menghasilkan produk kerupuk puli yang lebih berkualitas dikarenakan dengan proses pengemasan yang baik kemasan kerupuk tidak akan mudah bocor sehingga kerupuk tidak mudah melempem (tetap renyah).

Keywords


Kerupuk Puli, Manajemen Pengemasan, Merk Produk

References


Dinnullah, R. N. I., Nurdin, S., & Sumadji. (2018). Packing Process Dalam Pelatihan Kemandirian Ukm Kerupuk Bawang Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 57–62.

Fitriani, E., Fatimah, S., Mardhiah, D., Selinaswati, S., Hidayat, M., & Amelia, L. (2020). Pengemasan (Packaging) Rakik Bada Lado Hijau Upaya Peningkatan Pemasaran dan Pelestarian Kuliner Minangkabau. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 130–135.

Hariyani, N. (2018). Kerupuk Lemi Bebas Boraks Kajian dari Dosis Natrium Tripolyphospat yang Berbeda. Surabaya: Jurusan Teknologi Pertanian Universitas DR. Soetomo.

Karjo, S. K., Suseno, T. I. P., & Utomo, A. R. (2015). Pengaruh Proporsi Beras dan Maizena Terhadap Sifat Fisikokimia dan Organoleptik Kerupuk Puli. Jurnal Teknologi Pangan Dan Gizi, 14(1), 1–9.

Rosiani, N., Basito, & Widowati, E. (2015). Kajian Karakteristik Sensoris Fisik Dan Kimia Kerupuk Fortifikasi Daging Lidah Buaya (Aloe Vera) Dengan Metode Pemanggangan Menggunakan Microwave. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, VIII(2), 84–98.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.5491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: