FARMASI KELAUTAN: MANFAAT RUMPUT LAUT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Riong Seulina Panjaitan, Manuel Vesselaldo, Michael Michael, Wawan Kurniawan

Abstract


Manfaat rumput laut sangat sedikit diketahui oleh masyarakat saat ini. Kendala dalam manfaat rumput laut salah satunya yaitu masyarakat umum kurang mengerti atau kurangnya sosialisasi mengenai rumput laut. Rumput laut banyak sekali manfaat yang dapat kita ketahui seperti untuk kecantikkan dan juga untuk kesehatan. Kegiatan pengabdian masyrakat mengenai manfaat rumput dalam kehidupan sehari-hari dilakukan dengan pemberian materi tentang agar, alginate, karagenan, jenis dan klasifikasi rumput laut dan memberikan beberapa manfaat yang ada dalam rumput laut serta cara budidaya rumput laut. Kegiatan diawali dengan pre-quesioner tentang pengetahuan rumput laut. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi serta diskusi. Setelah kegiatan selesai peserta melaksanakan post-quesioner untuk mengukur kemampuan anggota Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Palangkaraya. Peserta Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Palangkaraya mengalami peningkatan pengetahuan berdasarkan hasil pre-quesioner dan post-quesioner yang dilakukan dengan tentang agar, alginate dan karagenan, jenis dan klasifikasi rumput laut. Peserta memiliki keterampilan untuk bertanya tentang manfaat rumput laut dalam dunia kefarmasiaan.

Keywords


Rumput laut, manfaat, farmasi

References


Abdullah, A. (2011). Budidaya Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii) dengan Metode Rakit Apung di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 3 (1): 21-26.

E Afrianto, dan L. Evi. (1993). Budidaya Rumput Laut. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Atmadja, W.S., Kadi, A., Sulistijo dan Rachmaniar. (1996). Pengenalan Jenis jenis Rumput Laut Indonesia. Puslitbang Oseanologi. Jakarta: LIPI Hlm. 56-152.

Chapman, V.J dan Chapman, D.J. (1980). Seaweeds and Their Uses. Third Edition. Chapman and Hall. 333 pp.

Raven, P, H. R, F, Evert dan S, E, Eichorn. (1986). Biology of Plants. Fourth Edition. Worth Publishers, Inc. New York. 775.

Soegiarto, A. Sulistijo. W, S, Atmaja dan H, Mubarak. (1978). Rumput Laut, Manfaat, Potensi damn Usaha Budidayanya. Jakarta: LON-LIPI.

Suparmi dan Sahri, A. (2020). Mengenal Potensi Rumput Laut: Kajian Pemanfaatan Sumber Daya Rumput Laut dari Aspek Industri dan Kesehatan. Sultan Agung. Vol 45 (118): 96-116

Winarno, F, G. (1996). Teknologi Pengolahan Rumput Laut. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.5528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: