WORKSHOP PEMBELAJARAN MATEMATIKA ONLINE UNTUK SEKOLAH MENENGAH

Retno Marsitin, Nyamik Rahayu Sesanti

Abstract


Era globalisasi pada masa pandemi covid-19 dengan pembelajaran daring menuntut guru untuk melek teknologi. Kompetensi guru dan kinerja dalam pembelajaran matematika sekolah menengah harus ditingkatkan agar pembelajaran lebih berkualitas. Guru yang belum memanfaat teknologi dalam pembelajaran masih ada, padahal sekarang di era revolusi industri 4.0 yang menuntut guru melakukan inovasi dalam pembelajaran. Solusi permasalahan tersebut dengan mengadakan serangkaian kegiatan pengabdian berupa pelatihan dan pendampingan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan pendekatan dan model pembelajaran daring, pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik materi matematika berbasis teknologi, pembuatan desain pembelajaran daring melalui aplikasi Learning Managemen System dengan menarik dan bervariasi, penggunaan aplikasi-aplikasi pembelajaran untuk pembelajaran matematika secara daring, merancang asesmen pembelajaran matematika berbantuan aplikasi-aplikasi pembelajaran. Metode yang ditempuh yaitu pelatihan, dan pendampingan serta diskusi dalam kegiatan pengabdian. Kelompok guru matematika terlibat aktif selama kegiatan berlangsung hingga berakhirnya kegiatan serta evaluasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru matematika sekolah menengah dalam aplikasi matematika untuk menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Kegiatan pelatihan ini mendapatkan tanggapan dan respon yang baik dan positif. Hal ini terbukti dari hasil pelaksanaan kegiatan ini dapat ditunjukkan dengan produk dari para guru matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika sekolah menengah secara daring, Lembar Kerja Peserta Didik berbasis teknologi, desain pembelajaran matematika secara daring menggunakan aplikasi Learning Managemen system, dan asesmen pembelajaran matematika berbantuan aplikasi-aplikasi pembelajaran.

Keywords


pembelajaran daring, matematika sekolah menengah

References


Atteh, E., Assan-Donkoh, I., Ayiku, F., Nkansah, E., & Adams, A. K. (2020). The Use of Technology among School Mathematics Teachers and Students: The New Wave of Recommended Instructions. Asian Research Journal of Mathematics. https://doi.org/10.9734/arjom/2020/v16i530189

Belo, N., McKenney, S., Voogt, J., & Bradley, B. (2016). Teacher knowledge for using technology to foster early literacy: A literature review. Computers in Human Behavior, 60. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.02.053

Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2019). Teaching and learning mathematics around the city supported by the use of digital technology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(1). https://doi.org/10.29333/ejmste/99514

Carter, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated learning in online learning environments: strategies for remote learning. Information and Learning Science, 121(5–6). https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0114

Engelbrecht, J., Llinares, S., & Borba, M. C. (2020). Transformation of the mathematics classroom with the internet. ZDM - Mathematics Education, 52(5). https://doi.org/10.1007/s11858-020-01176-4

Harris, D. N., & Sass, T. R. (2011). Teacher training, teacher quality and student achievement. Journal of Public Economics, 95(7–8). https://doi.org/10.1016/j.jpubeco.2010.11.009

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4). https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x

Loong, E. Y. K. (2014). Using the internet in high school mathematics. Journal on Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.22342/jme.5.2.1496.108-126

Navarro-Ibarra, L., García-Santillán, A., Cuevas-Salazar, O., & Ansaldo-Leyva, J. (2017). Mathematics, technology and learning: How to align these variables in order to explain anxiety towards mathematics and attitude towards the use of technology for learning mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(9). https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01060a

Ruthven, K., Deaney, R., & Hennessy, S. (2009). Using graphing software to teach about algebraic forms: A study of technology-supported practice in secondary-school mathematics. Educational Studies in Mathematics, 71(3). https://doi.org/10.1007/s10649-008-9176-7

Toropova, A., Johansson, S., & Myrberg, E. (2019). The role of teacher characteristics for student achievement in mathematics and student perceptions of instructional quality. Education Inquiry, 10(4). https://doi.org/10.1080/20004508.2019.1591844




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.5732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: