PERENCANAAN LANSKAP PRODUKTIF UNTUK MODEL KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI DI PEDESAAN

Ane Novianty, Ivan Sayid Nurahman, Tiktiek Kurniawati

Abstract


Pengabdian dilakukan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Subur Tani Desa Banjarsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan kegiatan ini untuk: 1) memberikan penyuluhan tentang model KRPL dengan vertikultur dan 2) mendapat gambaran pemanfaatan pekarangan dengan pengembangan lanskap produktif. Kegiatan  pengabdian  ini di ikuti oleh seluruh anggota KWT Subur Tani sebanyak 15 orang. Tim abdimas bertindak sebagai fasilitator penyuluhan dan pelaksanaan praktik perencanaan lanskap pekarangan vertikultur. Lanskap pekarangan yang dibuat mudah diaplikasikan dan dapat disesuaikan dengan ukuran lahan berapapun. Pekarangan yang luas atau sempit dapat digunakan secara optimal tanpa mengesampingkan syarat tumbuh tanaman itu sendiri. Hasil akhir dari kegiatan penyuluhan dan praktik perencanaan lanskap telah mampu mengubah cara pandang anggota KWT dalam mengusahakan pekarangan yang optimal.

Keywords


Kelompok wanita tani, KRPL, Perencanaan lanskap

References


Ati, K dan Solikhah, U. 2015. Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pemanfaatan Pekarangan Rumah dengan Menggunakan Teknik Vertikultur. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4(2):94-101.

Badan Litbang Pertanian. 2012. Pedoman Umum Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Ferdous, Z. 2016. Development of Home Garden Model for Year Round Production and Consumption for Improving Resource-poor Household Food Security in Bangladesh. Wagening Journal of Life Sciences, 78: 103:110.

Mohamad, H dan Mirajuddin, M. 2013. Pendampingan Pembuatan Media Vertikultur untuk Penanaman Tumbuhan Obat dalam Pemaksimalan Pekarangan Rumah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(2):82-87.

Mohri, H. 2013. Assessment of Ecosystem Services in Homegarden System in Indonesia, Sri Lanka, and Vietnam. Ecosystem Services, 5: 124-136.

Purwanto, A.E. 2015. Implementasi Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Putri, N.P.A., Aini, N dan Heddy, Y.B.S. 2015. Evaluasi Keberlanjutan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Girimoyo, Kecamatan Karangploso. Jurnal Produksi Tanaman, 3(4)L 1-4.

Siti, N.R.I dan Sarwadi, A. 2015. Lanskap Pekarangan Produktif di Permukiman Perkotaan dalam Mewujudkan Lingkungan Binaan Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta: 1-11.

Suharto, E. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategi Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.5829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: