PENDAMPINGAN MANAJEMEN STRES PENDIDIK PAUD MENGHADAPI AKREDITASI DI PAUD SERIBU KUBAH TULUNGAGUNG

Ahmad Fauzan

Abstract


Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki berbagai program atau kegiatan. Komponen penting dalam sistem pendidikan nasional dalam pendidikan adalah siswa, guru dan kurikulum. Guru atau tenaga pendidik merupakan salah satu sumber daya manusia yang merupakan unsur penting dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat. Kualitas mutu layanan pendidikan yang baik memenuhi standar yang telah ditetapkan dalam sistem pendidikan nasional melalui program akreditasi lembaga pendidikan. Kegiatan akreditasi ini dapat memberikan tekanan kepada guru yang dapat berdampak pada kondisi fisik maupun psikologis yang dialami. Pengabdian ini diberikan kepada 15 orang guru di PAUD Seribu Kubah yang sedang mempersiapkan akreditasi. Kegiatan ini dilakukan guna memberikan edukasi mengenai stres, faktor dan strategi yang dapat dilakukan guru ketika menghadapi tekanan.

Keywords


Manajemen Stres, Pendidik PAUD, Akreditasi

References


Dian, D., & Seno, I. M. (2019). Tingkat Stress Pendidik (Guru) Dalam Menghadapi Akreditasi Sekolah. Itqan, 10(2), 133–139.

Kemdikbud RI. (2018). Permendikbud RI No. 13 tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2017). Health Psychology : Biopsychosocial Interactions Ninth Edition.

Subekti, A. (2020). Uji Coba Sistem Untuk Pengembangan Akreditasi. Www.Banpaudpnf.Kemdikbud.Go.Id. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/berita/uji-coba-sistem-untuk-pengembangan-akreditasi




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.5849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: