PENYULUHAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA DRIVER OJEK ONLINE DI MEDAN

Agnes Ferusgel, Maria Haryanti Butar-Butar, Ani Deswita Chaniago, Rupina Kanasia Situmorang

Abstract


Penyuluhan merupakan salah satu metode pendidikan kesehatan yang sederhana. Selain itu, metode penyuluhan juga efektif dalam upaya penyampaian informasi secara cepat kepada kelompok sasaran. Salah satu kelompok pekerja informal yang cukup trend saat ini adalah menjadi driver ojek online. Hasil analisis lapangan menunjukkan bahwa banyak driver online yang mengejar target pekerjaan, mereka rata-rata mengalami kelelahan dan nyeri pinggang. Mereka juga tidak memperdulikan waktu kerja, sehingga pola hidup mereka tidak teratur mulai dari pola makan hingga pola tidur. Metode dalam penyuluhan ini menggunakan metode ceramah dan menyampaikan tentang keselamatan dan kesehatan kerja meliputi faktor bahaya kerja pada driver ojek online, menjelaskan ergonomi dalam berkendara, dan kiat-kiat aman berkendara untuk mencegah risiko penyakit akibat pekerjaan. Pengabdian dilakukan kepada 20 orang driver ojek online yang bersedia mengikuti serangkain acara yang telah ditetapkan. Rangkaian acaranya antara lain pengisian kuesioner, pemberian informasi, pengisian kuesioner yang kedua dan melakukan pemeriksaan kadar gula darah bagi driver yang ingin dicek saja. Berdasarkan hasil dari kuesioner yang didalamnya terdiri atas pertanyaan pengetahuan dan sikap mengenai keselamatan dan kesehatan kerja didapatkan ada peningkatan pengetahuan dan sikap sesudah dilakukan penyuluhan. Sehingga, penyuluhan K3 ini berhasil dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap driver ojek online agar nanti sadar sehingga secara mandiri dapat melindungi diri mereka dari potensi bahaya pekerjaan. Bagi driver ojek online diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan sikap sehingga dalam dapat bekerja dengan aman dan selalu tetap sehat.

Keywords


Counseling, Lectures, Drivers, Online Ojek, Occupational Safety and Health

References


Afrianto, D. (2014). Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Petani Paprika di Desa Kumbo-Pasuruan terkait Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dari Bahaya Pestisida Tahun 2014. JOUR.

Bajuri, Z. (2016). Intervensi Penyuluhan Menggunakan Media Lembar Balik terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Bahaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Pencegahannya pada Pekerja Las di Ciputat Kelurahan Pisangan (Skripsi). FKIK UIN Jakarta.

Burke, M. J., Salvador, R. O., Smith-Crowe, K., Chan-Serafin, S., Smith, A., & Sonesh, S. (2011). The dread factor: How hazards and safety training influence learning and performance. Journal of Applied Psychology, 96(1), 46. JOUR.

Dwi Lestari, Y. (2018). Analisis Faktor Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang Mempengaruhi Kecelakaan Kerja di PT. Semen Padang. Politeknik Negeri Padang.

Ferusgel, A., Masni, M., & Arti, N. A. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Risiko Musculoskeletal Disoders (MSDs) pada Driver Ojek Online Wanita Kota Medan. Jurnal Penelitian Kesehatan“ SUARA FORIKES”(Journal of Health Research“ Forikes Voice”), 11(1), 68–72. JOUR.

Kalalo, S. Y. (2016). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap tentang K3 dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Kelompok Nelayan di Desa Belang Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. Pharmacon, 5(1). JOUR.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. JOUR.

RI, K. Undang-Undang Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Sekretariat Negara. Jakarta § (1AD). JOUR.

Salindeho, M. A., Kawatu, P. A. T., & Joseph, W. B. S. (2017). Analisis Potensi Bahaya pada Pekerjaan dengan Menggunakam Metode Job Safety Analysis (JSA) pada Proses Pengolahan Kelapa Sawit PT Sinergi Perkebunan Nusantara Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah. Media Kesehatan, 9(3). JOUR.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.6081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: