PENYULUHAN HUKUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK DI KABUPATEN CIAMIS

Taopik Iskandar, Dewi Mulyanti

Abstract


Mitra dalam kegiatan ini adalah Panitia Pemilihan Kepala Desa Pusakanagara. Permasalahan yang dialami oleh mitra adalah menurunnya animo masyarakat dalam pemilihan kepala desa dikarenakan terjadinya penundaan pelaksaan pencoblosan yang mengakibatkan ketidakpastian pelaksanaanya di masa pandemi covid19, sehingga dimungkinkan dapat menyebabkan tidak tercapainya jumlah pemilih yang diharapkan. Solusi yang ditawarkan dalam menghadapi permasalahan mitra adalah: Penyuluhan Hukum dan Pendampingan. Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan kepala desa serentak agar terwujudnya sistem demokrasi dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil; dan tingginya angka keterlibatan pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

Keywords


Penyuluhan hukum, Partisipasi Masyarakat, Pemilihan, Kepala Desa

References


Asshiddiqie, Jimly, (2012), Hukum Tata Negara & Pilar-pilar Demokrasi, Sinar Grafika : Jakarta, 2012.

Brownlie, Ian, (Penyunting.), (1993), Dokumen-Dokumen Pokok Mengenai Hak Asasi Manasia (Penerjemah: Beriansah), Jakarta, Universitas Indonesia (UI Press).

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, 2016.

Ismatullah, Deddy dan Asep A. Sahid Gatara, (2007), Ilmu Negara dalam Multi Perspektif, Bandung: Pustaka Setia, 2007.

Kansil, C.S.T dan Christine S.T. Kansil, (2016) Ilmu Negara, Jakarta: PT. Pradya Paramita, 2001.

Kelsen, Hans, (2013) Teori Umum Tentang Hukum dan Negara (Penerjemah: Raisul Muttaqien dari Hans Kelsen, 1971, General Theory of Law and State, New York, Russel and Russel), Bandung, Cet. VIII, Hl.

Moelyono, M, Anton, (1988), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Hlm. 292; Bdk. Anonim, 2014, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, Edisi VII, Cet. IV.

Poerwadarminta, WJS, (2003), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka. Cet.XV.

Shorensen, Georg, (2003), Proses dan Prospek dalam Sebuah Dunia yang Sedang berubah, Ctk. Pertama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Yuliani. Andi, www. jdih.sukabumikab.go.id/v1/artikel/detail/5/hak-konstitusional-warga-negara. Di unduh tanggal 21 April 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.6143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: