PELATIHAN SKILL KEWIRAUSAHAAN SANTRI MELALUI PEMBUATAN OLAHAN TAHU WALIK DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-MUQORROBIN SIMAN PONOROGO

Umi Miftahul Zanah, Mughniatul Ilma

Abstract


Saat ini pondok pesantren bukan hanya sebuah lembaga berlandaskan nilai agama saja, akan tetapi banyak pondok pesantren yang sudah memadukan kurikulum maupun kegiatan modern di dalamnya. Kemampuan berwirausaha misalnya, banyak santri jika dilatih dengan baik maka skill kewirausahaan mereka dapat memadai dan mampu bersaing di dunia luar. Seperti hal nya di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Siman Ponorogo meskipun pondok tersebut berlatar belakang pondok tahfidz akan tetapi kegiatan beserta perturannya mengikuti aktivitas santri kuliah di dalamnya. Karena banyak waktu luang yang terbuang sia-sia pada saat libur kuliah maka dalam pengabdian ini dilaksanakan sebuah pelatihan pembuatan olahan tahu walik untuk meningkatkan skill kewirausahaan santri. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar santri memiliki kemampuan berwirausaha yang mumpuni sehingga kegiatan yang semula kurang produktif dapat terealisasi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Asset Based Comunity Development (ABCD) dengan mengenali dan mengembangkan aset yang ada di dalam lingkungan pondok pesantren. Pelatihan ini meliputi kegiatan design logo produk, proses produksi serta pemasaran yang dilakukan secara offline maupun online yang dilakukan secara mandiri oleh para santri. Antusis santri yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pelatihan, membuat kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Keywords


Pengabdian, Masyarakt

References


Ahmad Natsir, Hawwin Muzakki, And Muchlis Daroini. “Posdaya Berbasis Pesantren: Pelatihan Manajemen Madrasah Dan Pengelolaan Kelas Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Hasan Munadi Pohsawit’ Ponorogo.” Inej: Indonesian Engagement Journal Vol. 1, No. 2 (2020).

Andhy Tri Adriyanto. “Pemberdayaan Kewirausahaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Berbagai Olahan Pisang Di Kelurahan Panggung Lor.” Jurnal Riptek 14, No. 1 (Agustus 2020).

Aprilia Aimmatul Hidayah. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Pengelolaan Kedelai Menjadi Cookies Tempe Untuk Meningkatkan Perekonomian Di Desa Wonoasri Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, April 2018.

Ayunda Riska Puspita. “Pemanfaatan Limbah Tahu Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Ponorogo” 1, No. 2 (September 2020).

Christopher Dureau. Pembaru Dan Kekuatan Lokal Untuk Pembangunan. Australian Community Development And Civil Society Strengthening Scheme (Access) Tahap Ii, N.D.

Dian Adi Anggraeni Elisabeth. “Pengaruh Pengemasan Dan Pelabelan Pada Penerimaan Mi Kering Berbahan Baku Tepung Komposit Ubi Jalar Dan Keladi.” Jurnal Matematika, Saint, Dan Teknologi Vol. 16, No. 2 (September 2017).

Nihro Afandi. “Pengembangan Life Skill Santri Di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Dan Al-Hidayah Sidoarjo (Perspektif Entrepreneurship Islam).” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2019.

Nur Asizah. “Pemberdayaan, Ibu Rumah Tangga Kelompok Industri Tahu Berbasis Produk Aneka Olahan Tahu Untuk Meningkatkan Pendaptan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Lambusa Kabupaten Konawe Selatan.” Jurnal Pengabdian Mayarakat 2, No. 2 (Mei 2021).

Rumanintya Lisaria Putri And Diana Elvianita Martanti. “Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Di Kelurahan Kepanjen Lor Kota Blitar Dalam Pelatihan Pembuatan Keripik Pepaya” 1, No. 1 (April 2019).

Salmiati, Hasbahuddin, And Muhammad Ilham Bakhtiar. 2018. “Pelatihan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Pemecahan Masalah Siswa.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1, No. 1 (N.D.).

Septiyarani Hidayati. “Pelatihan Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Putri Taruna Al-Qur’an Yogyakarta Sebagai Wadah Pengembangan Potensi Santri.” Jurnal Pendidikan Sosiologi 1 (N.D.).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.6181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: