SOSIALISASI PENCEGAHAN EKSPLOITASI SEKSUAL ANAK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURABAYA

Chriestine Lucia Mamuaya, Sari Dewi Poerwanti, Mohammad Suud

Abstract


Pengabdian Masyarakat dengan tajuk pencegahan eksploitasi seksual anak selama masa pandemi ini dilatarbelakangi oleh peningkatan angka kasus eksploitasi seksual pada anak secara signifikan yang dilakukan secara daring selama masa pandemi COVID-19. Selama pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh, sebagian besar anak waktunya dihabiskan di rumah tentu dengan gawai yang terhubung dengan internet. Tanpa disadari semakin lama anak akan merasa jenuh dan kesepian, di sisi lain sering kali orang tua atau anggota keluarga tidak melakukan pengawasan secara optimal penggunaan gawai pada anak. Tingginya resiko anak berselancar internet dan bertemu orang asing melalui media sosial berpengaruh pula pada tingginya resiko anak menjadi korban predator anak di dunia maya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari sosialisasi dan pendampingan konseling secara daring dengan sasaran orang tua murid dan guru sekolah dasar di SDN Sidotopo 1 Surabaya. Adapun capaian dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah kelompok sasaran mengalami peningkatan pengetahuan dan kewaspadaan terhadap fenomena eksploitasi seksual pada anak secara daring terutama di masa pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi yang menunjukan peningkatan secara signifikan dan kepuasan akan layanan pendampingan konseling sebesar 90%. Kedepan, diharap kegiatan pengabdian masyarakat ini akan mencapai cangkupan sasaran kelompok yang lebih luas.

Keywords


eksploitasi seksual, perlindungan anak, orang tua, internet

References


Aliansi Down to Zero Indonesia. 2020. Press Release: Pentingnya Edukasi Orang Tua dan Teman Sebaya Tentang Bahaya Eksploitasi Seksual Anak di Masa Pandemi Covid-19. https://ecpatindonesia.org/publikasi-media/press-release-pentingnya-edukasi-orang-tua-dan-teman-sebaya-tentang-bahaya-eksploitasi-seksual-anak-di-masa-pandemi-covid-19/ (diakses pada 11 November 2020).

Harian Kompas. 2020. KPAI Ungkap Penyebab Anak-anak Mudah Jadi Korban Eksploitasi Seks. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/01/30/08391761/kpai-ungkap-penyebab-anak-anak-mudah-jadi-korban-eksploitasi-seks?page=all (diakses pada 24 Oktober 2020)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2019. Buku Panduan Terminologi Perlindungan Anak dari Eksploitasi. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Media Indonesia. 2020. Survei: 3 dari 10 Anak Alami Kekerasan Seksual di Masa Pandemi. https://mediaindonesia.com/read/detail/359887-survei-3-dari-10-anak-alami-kekerasan-seksual-di-masa-pandemi (diakses pada 11 November 2020).

Notosoerdirdjo, Moeljono, Latipun. 2007. Kesehatan Mental, Konsep dan Penerapan, Malang: UMM Press.

R.A. Koesnan. 2005. Susunan Pidana dalam Negara Sosialis Indonesia. Bandung : Sumur

Sulianta, Feri. 2010. Cyberporn: Bisnis atau Kriminal. Jakarta: Elex Media Komputindo

Tirto.id 2020. Kemen PPPA Catat 3.000 Kasus Kekerasan Anak selama Pandemi COVID-19. https://tirto.id/kemen-pppa-catat-3000-kasus-kekerasan-anak-selama-pandemi-covid-19-fK3j (diakses pada 24 Oktober 2020)

Yudhanti, Ristina. 2014. Perempuan dalam Pusaran Hukum. Yogyakarta: Thafa Media




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.6212

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: