LITERASI KEUANGAN SYARIAH DI PONDOK PESANTREN AL-JADID, KECAMATAN KOPO, KABUPATEN SERANG

Ade Nur Rohim, Prima Dwi Priyatno, Lili Puspita Sari

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Di era disrupsi seperti saat ini, generasi milenial merupakan generasi yang memainkan peranan penting dalam berkontribusi terhadap program pemerintah. Salah satu program yang dicanangkan adalah pengembangan keuangan syariah nasional. Di sisi lain, tingkat literasi dan inkluasi keuangan syariah masih sangat rendah. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat, khususnya di tingkat pelajar terkait ekonomi dan keuangan syariah, sehingga dapat mendorong peningkatan literasi dan keuangan syariah di masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk tes pendahuluan, pemaparan, diskusi dan tanya jawab, serta tes penutup. Kegiatan dilakukan secara online dengan memanfaatkan platform Google form dan Google meet. Kegiatan ini menghasilkan peningkatan pemahaman peserta terkait prinsip dasar dan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Melalui kegiatan ini, direkomendasikan untuk dilakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi ekonomi dan keuangan syariah yang berkelanjutan kepada berbagai unsur masyarakat.

Keywords


literacy, sharia finance, pesantren

References


Afandi, T. (2017). Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, 1–2.

Bank Indonesia. (2020). Cetak Biru Pengembangan Ekonomi Syariah. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/moneter/pengembangan-ekonomi/cetak-biru/Default.aspx

Centre for Strategic and International Studies. (2017). Ada Apa dengan Milenial? Orientasi Sosial, Ekonomi dan Politik. In Survei Nasional CSIS 2017 (Issue November). https://www.csis.or.id/uploaded_file/event/ada_apa_dengan_milenial____paparan_survei_nasional_csis_mengenai_orientasi_ekonomi__sosial_dan_politik_generasi_milenial_indonesia__notulen.pdf

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Survey Report, 1–26. www.ojk.go.id

Rachmat, M. Baga, L., & Purnaningsih, N. (2020). Penghimpunan Dana Zakat Infak Sedekah Berdasarkan Intensi Perilaku Muslim Gen Y dalam Penggunaan Teknologi Digital Payment. Al-Muzara’Ah, 8(2), 95–108. https://doi.org/10.29244/jam.8.2.95-108

Said, S., & Amiruddin, A. M. A. (2017). Literasi Keuangan Syariah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ( Studi Kasus UIN Alauddin Makasar ). Al-Ulum, 17(1), 44–64. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76

Senjiati, I. H., Anshori, A. R., Siti, I., & Maulida, R. (n.d.). ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 SD Darul Hikam Bandung ) Universitas Islam Bandung Literasi mungkin telah banyak orang . Namun tidak banyak dari mereka yang memahami makna dan definisinya secara jelas , sebab menjadi istilah yang familiar bagi literasi m. 33–55.

Subardi, H. M. P., & Yuliafitri, I. (2019). Efektivitas Gerakan Literasi Keuangan Syariah dalam Mengedukasi Masyarakat Memahami Produk Keuangan Syariah. Banque Syar’i: Jurnal Ilmiah Perbankan Syariah, 5(1), 31–44.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.6241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: