PENERAPAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN PAKAN TERNAK ITIK DARI LIMBAH PERTANIAN

Bahri Syamsuryadi, Rajmi Faridah, Khaeruddin Khaeruddin, Hermawansyah Hermawansyah, Andi Kurnia Armayanti

Abstract


Permasalahan pada mitra peternak itik lokal di Kelurahan Lamatti Rilau berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi yaitu manajemen dan kualitas pakan yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan produktifitas itik. Solusi yang akan dilakukan untuk megurangi tingkat kematian anak itik yaitu dengan melakukan perbaikan kualitas pakan akan dilakukan dengan membuat formulasi pakan yang sesuai dengan kebutuhan fase pertumbuhan (umur) itik dan berbasis bahan baku pakan lokal yang tersedia, murah dan mudah diakses. metode pendekatan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah pelatihan dan penerapan teknologi. Pelatihan dilakukan dengan memberikan materi kepada mitra berupa pelatihan peningkatan keterampilan dalam menerapkan sebuah teknologi. Setelah mendapatkan pelatihan, selanjutnya dilakukan penerapan teknologi berdasarkan permasalahan yang dihadapi peternak. Penerapan teknologi menggunakan prinsip partisipatif, dimana peternak terlibat langsung dan mengerjakan langsung teknologi yang akan diterapkan dalam usahanya. Melalui partisipatif aktif peternak mitra, diharapkan mereka dapat belajar sambil bekerja sehingga retensi pengetahuan menjadi lebih baik. Prosedur kerja pelaksanaan Program ini akan dilaksanakan pada peternak meliputi persiapan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, penerapan teknologi, dan evaluasi kegiatan.  

Keywords


Pengabdian, Masyarakat

References


Ediset & Anas, A. (2013). Peranan penyuluh dalam penerapan paket teknologi pada usaha peternakan kerbau (studi kasus pada kelompok ternak "kabau antrada"kecamatan koto baru kabupaten dharmasraya). Jurnal Peternakan Indonesia, 15 (1), 17-25.

Fauziyah, D., R. Nurmalina, & Burhanuddin. (2015). Pengaruh karakteristik peternak melalui kompetensi peternak terhadap kinerja usaha ternak sapi potong di kabupaten bandung. Jurnal Agribisnis Indonesia, 3 (2), 83-96.

Nawawi, N.T. & Nurrohmah. (2011). Pakan Itik Kampung. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations. London: The Free Press.

Suryana, I.K.A., Mastika, I.M. & Puger, A.W. (2014). Pengaruh tingkat protein ransum terhadap penampilan itik kampung umur 22 - 33 minggu. Peternakan Tropika, 2 (2), 287-296.

Syahyuti. (2007). Penerapan pendekatan pemberdayaan dalam kegiatan pembangunan pertanian: Perbandingan Kegiatan P4K, PIDRA, P4MI, dan Primatani. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 25 (2), 104-116.

Trisiwi, H.F. & Supartini, N. (2015). Pengaruh dua jenis pakan komersial dan pakan rasional terhadap penampilan itik kampung. Buana Sains, 15 (1), 29-34.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.6242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: