PERAN MONITORING DAN EVALUASI AUDIT MUTU INTERNAL DALAM UPAYA MEWUJUDKAN GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE IAIN KEDIRI

Arif Zunaidi, Andriani Andriani, Oktaria Ardika Putri

Abstract


Sebagai perguruan tinggi yang memiliki peran dalam meningkatkan mutu SDM masyarakat melalui pengembangan keilmuan, kepribadian, kemandirian keterampilan sosial dan karakter mengharuskan penyelenggara pendidikan tinggi memiliki penjaminan mutu yang akan menjadi bagian dalam mempertahankan sekaligus untuk meningkatkan kualitasnya. Peran good cooperate governance dalam upaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan tinggi sangatlah dibutuhkan. Audit Mutu Internal dilaksanakan sebagai bagian dari monitoring dan evaluasi atas kinerja unit kerja yang ada dalam institusi agar senantiasa memenuhi standar yang berlaku. Monitoring dan evaluasi ini dilaksanakan selama sepekan, dengan auditor sebanyak 41 orang, dan auditi sebanyak 14 unit kerja yang ada di kampus IAIN Kediri. Hasil audit menyimpulkan, beberapa unit kerja telah menerapkan kualitas kontrol mereka dengan bukti dokumen-dokumen sebagai pendukung atas semua kinerja. Sedangkan di beberapa unit yang lain masih belum menerapkan kualitas kontrol, khususnya di unit kerja program studi yang belum memiliki lulusan. Fakta ini menjadikan harus adanya kontrol dari pihak penjaminan mutu dalam lingkungan perguruan tinggi agar setiap unit kerja tetap terjaga kualitasnya sesuai standar yang berlaku dalam pengelolaan pendidikan tinggi melalui audit mutu internal dalam upaya menciptakan good university governance.

Keywords


Audit Mutu Internal, Good Cooperate governance, good university governance, kualitas kontrol, perguruan tinggi

References


Code of Corporate Governance PT.Pertamina (Persero). (2017). Pedoman Tata Kelola Perusahaan (Code of Corporate Governance). Code of Corporate Governance, November, 1–64.

Halim, A. (2008). Dasar-Dasar Prosedur Pengauditan Laporan Keuangan. UPP AMP YKPN.

Kelvianto, I., & Mustamu, R. H. (2018). Implementasi Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Untuk Keberlanjutan Usaha Pada Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Manufaktur Pengolahan Kayu. Agora, 6(2), 287187.

Lena, T. S. W. (2010). Peranan Auditor Intenal Dalam Menunjang Pelaksanaan Good Corporate Governance (Studi Kasus Pada PT Dirgantara Indonesia). Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(1), 41–57.

Mulyadi. (2002). Auditing. Salemba Empat.

Salahuddin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia Dan Sarana Prasarana Di Mtsn Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1), 1–13.

Tugiman, H. (1997). Standar Profesional Audit Internal. Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.6288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: