PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KAMPUNG TANGGUH SEMERU WIROSECANG DALAM PENANGGULANGAN COVID-19 DI KELURAHAN WIROBORANG KOTA PROBOLINGGO

Husni Mubaroq, Risza Ulfia

Abstract


Tulisan ini membahas tentang pemberdayaan pada masyarakat selama masa pandemi covid-19 di Kelurahan Wiroborang Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Muncul banyak sekali permasalahan selama masa pandemi covid-19 hingga berdampak pada ekonomi dan sosial masyarakat. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui manfaat pemberdayaan masyarakat melalui program Kampung Tangguh Semeru Wiro Secang di Kelurahan Wiroborang Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian adalah Lurah Kelurahan Wiroborang dan Bhabinkamtibmas dari POLRES Kota Probolinggo. Hasil menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui program Kampung Tangguh Semeru Wiro Secang di Kelurahan Wiroborang Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo dapat dinyatakan telah berjalan dengan baik hingga sekarang. Dengan menggunakan konsep pemberdayan menurut teori ACTORS Sarah Cook dan Stevey Macaulay telah menghasilkan input yang telah direncanakan sebelumnya dan dapat diantisipasi sejak sekarang sementara output yang dihasilkan akan memiliki dayaguna yang maksimal kepada masyarakat sehingga mengarah pada perubahan yang positif dan bisa membantu ekonomi dan sosial pada masyarakat Kelurahan Wiroborang Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Keywords


Pemberdayaan, Masyarakat, Covid-19, Program

References


Cook, S., & Macaulay, S. 1997. Perfect Empewermant. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Djohani, R. 2003. Partisispasi, Pemberdayaan, dan Demokrastisasi Komunitas: Reposisi Participatory Rural Appraisal (PRA) dalam Program Pengembangan Masyarakat. Studio Driya Media Untuk Konsorsium Pengembangan Masyarakat Nusa Tenggara (KPMNT). Bandung.

Friedmann, John. 1992. Empowerment: The Politics of Alternative Development. Massachusetts: MT Press.

Hagul, Peter. 1992. Pembangunan Desa dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Jakarta: Rajawali.

Maani, K. D. (2011). Teori ACTORS dalam Pemberdayaan Masyarakat. Demokrasi, X(1), 53–66.

Rianto, D. M. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keterampilan Sentra Kriya Oleh Rumah Pintar Atsiri Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor.

Sekarrini, P. A., & Siswanto, H. (2020). Peran Komunitas Pecinta Hidroponik Surabaya (Phs) Dalam Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Hidroponik Di Pojok Kebun Gemah Ripah Surabaya. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 1–8.

WHO. 2020. World Health Organization. Information About Covid-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.6511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: