PROGRAM PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU

Nur Eva Zakiah, Sri Solihah

Abstract


Kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dengan judul “Program Pengembangan E-Learning Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Calon Guru”. Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Galuh Ciamis. Kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi akan membantu proses pembelajaran berjalan dengan efektif. Tujuan dilaksanakan program pendampingan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan gambaran praktis pengembangan pembelajaran menggunakan e-learning sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional calon guru. Hal ini dapat membentuk guru menjadi kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional calon guru. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini bersifat persuasif-edukatif, yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan menggunakan e-learning dalam pembelajaran. Adapun metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, demonstrasi, dan simulasi/praktek.

Keywords


E-learning, kompetensi profesional, teknologi pembelajaran

References


Allen, M. (2013). Michael Allen’s Guide to Elearning. Canada : John Wiley & Sons.

Ana Hardiana, Elan Djaelani, Sistem pendukung E-Learning di Web, Pusat Penelitian Informatika-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, (http:///www.LIPI.GO.ID).

Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung-Indonesia.

Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan Elearning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/

Hamzah. B. Uno. 2008. Profesi, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Cet II Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kunandar.2007. Guru Profesional, Implementasi Kurikulm Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikat Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

L. Gavrilova, Marina. 2006. Computational Science and Its Applications - ICCSA 2006: 6th International Conference. Glasgow, UK: Springer.

L. Tjokro, Sutanto. 2009. Presentasi yang Mencekam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mohamad Toha Anggoro, A.P. Hardhono,Tian Belawati, dan Tri Darmayanti Tutorial Elektronik Melalui Internet Dan Fax-Internet, Jurnal PTJJ-UT, Volume 1.2., (http://www.ut.ic.id).

Mulyasa, E.2007.Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran yang kreatif dan Menyenangkan. Cet VI. Bandung: Rosadakarya.

Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi contextual teaching learning (ctl) dengan geogebra: dapatkah meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa?. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27-34.

Oemar Hamalik. 2008. Pendidikan guru, Berdasarkan pendekatan kompetensi, Cet V. Jakarata: PT. Bumi Aksara.

PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Puwardaminta,WJS.1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarata:Balai Pustaka.

Sudirman Siahaan; E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran, (http://www.Depdiknas.go.id).

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang. Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika.

UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020a). Hybrid-PjBL: Creative thinking skills and self-regulated learning of preservice Teachers. J. Phys.: Conf. Ser. 1521 032072.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020b). Self regulated learning for social cognitive perspective in mathematics lessons. J. Phys.: Conf. Ser. 1613 012049.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.6719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: