PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL BAGI GURU-GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN JOMBANG

Syarifatul Maf'ulah

Abstract


Guru dituntut memiliki kemampuan menulis artikel sebagai salah satu persyaratan mengajukan sertifikasi, kenaikan pangkat, dan pengajuan kepala sekolah. Tapi, masih banyak guru yang belum faham bagaimana menulis artikel (berdasarkan hasil wawancara kepada beberapa guru di Jombang).  Oleh sebab itu, pengabdi mengadakan pelatihan penulisan artikel bagi guru-guru matematika SMP Kabupaten Jombang. Adapun tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah pengabdi mempersiapkan materi pelatihan dan menetapkan waktu pelaksanaan pelatihan penyusunan artikel. Tahap pelaksanaan, pengabdi memaparkan materi pelatihan dilanjutkan sesi tanya jawab. Berikutnya, peserta pelatihan menyusun artikel secara mandiri di rumah masing-masing. Ketika artikel selesai, peserta mengirimkan artikelnya tersebut kepada pengabdi melalui Whatsapp untuk direview sebagai dasar evaluasi pelatihan. Feedback pengabdi terkait artikel yang ditulis guru adalah, kerapian penulisan, metode penelitian masih terlalu panjang sehingga harus diringkas lagi, dan bagian hasil dan pembahasan, terlalui singkat, sehingga harus dirinci dan diperkuat dengan data. Secara keseluruhan, peserta pelatihn sudah mampu menyusun artikel dengan baik. Hal tersebut dikarenakan guru-guru tersebut baru pertama menyusun artikel.

Keywords


pelatihan, artikel, guru matematika

References


Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. draft online dengan alamat https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf , diunduh pada 4 April 2021.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Draft online dengan alamat http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf, diunduh pada tanggal 4 April 2021.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 pasal 1. Draft online, dengan alamat https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permenpan_16_09.pdf, diunduh pada 4 April 2021.

Permendiknas No 18 Th 2007 Draft online dengan alamat http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permen18-2007SertifikasiGuru.pdf diunduh pada tanggal 4 April 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.6911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: